KabariNews – “Para Pecinta Kambing Harus Mampir ke Kambing Oven,” itulah yang dikatakan seorang teman ketika berkunjung ke Surabaya. Di kota Pahlawan ini, beraneka makanan tersedia yang mampu membuat kita meneteskan air liur. Sebut saja makanan seperti bebek goreng, ayam bakar, rujak cingur, sampai kambing oven. Yang terakhir mungkin terdengar asing. Kambing oven adalah salah satu menu andalan dari warung Madinah.

Ketika berkunjung ke warung Madinah Anda akan mendapat tempat makan yang tidak begitu besar namun ramai. Saat memasuki arena maka akan tercium bau daging bakar yang menggugah selera. Jika sate kambing dan sop kambing terdengar biasa, maka di sini menu yang menjadi favorit adalah kambing oven.

Kambing Oven disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Dalam proses memasak, kambing dioven selama 2 jam. Kalau ada pengunjung yang memesan kambing oven, barulah kambing tersebut dibakar. Memasak dengan oven
bertujuan agar daging kambing lebih empuk dan mudah dikunyah, karena biasanya daging kambing agak alot dan sulit digigit atau dikunyah. Selain itu kambing dimasak dengan menggunakan rempah-rempah rahasia sehingga kambing tidak amis. Kambing oven di sini rasanya nendang banget!

Kambing oven awalnya diperuntukkan buat orang lanjut usia, karena lebih empuk dan mudah untuk memakannya. Namun ternyata generasi muda dan dewasa juga menyukai menu ini. Maka kambing oven menjadi menu wajib bagi para pengunjung.

Tidak hanya kambing oven saja yang diminati, sate kambing, gulai kambing, krengsengan dan nasi briyani juga seringkali dipesan pengunjung. Warung Madinah memang fokus menjual berbahan dasar kambing dan berbau Timur Tengah. Selain itu ada pula camilan seperti roti Maryam, risoles, sambosa India atau kroket. Roti Maryam atau yang biasa dikenal dengan nama roti cane disajikan dengan gulai kacang hijau.

Warung ini telah berdiri sejak tahun 1972. Warung Madinah memang menyediakan aneka masakan berbau kambing, sehingga pecinta kambing rasanya wajib untuk mendatangi tempat ini. Uniknya dari warung Madinah,
mereka tidak menyediakan makanan berkolestrol. Nasi kebuli yang disajikan tidak dimasak dengan menggunakan santan.

Harga kambing oven memang sedikit mahal. Anda harus merogoh kocek sekitar 32 ribu rupiah untuk menikmati empuknya kambing oven. Namun harga sebanding dengan rasa. Di sinilah Anda bisa merasakan daging kambing yang lezat.

Warung Madinah adalah milik Anas Bay dan sudah turun temurun milik keluarga sehingga dikelola oleh keluarga. Untuk yang di Surabaya, warung ini dikelola oleh Jack Bay, sang adik. Warung Madinah juga memiliki cabang lain yaitu di Malang dan Solo. Warung Madinah Surabaya hadir di Jalan KH Mas Mansyur I/12 dan Jalan Genteng Kali. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-15.00, tetapi jika bulan puasa jam kerja mereka dimulai pada pukul 15:00-20:00. Warung Madinah juga tutup lebih cepat bila menu kambing oven sudah habis. Datanglah lebih pagi
untuk mencicipi lezatnya kambing oven warung Madinah. (chika)