Sejak awal Mei, Netflix kembali melancarkan kampanye untuk Emmy Awards 2019. Selain untuk mempromosikan serial televisi produksinya, sederet acara diselenggarakan untuk merebut hati anggota TV Academy and Guilds yang memiliki hak pilih agar dapat masuk dalam daftar nominasi ajang penghargaan bergengsi untuk insan pertelevisian Amerika Serikat (AS) tersebut.

Richard Madden (ki) dan Keeley Hawes di ruang pameran

GLOW

Selain mengirimkan DVD serial tv dan mengadakan panel dengan sineas yang terlibat seperti halnya stasiun tv lainnya, Netflix menggunakan strategi untuk mendulang suara pemilih melalui sederet acara yang berlangsung setiap hari selama sebulan. Untuk merealisasikannya, pihak Netflix menyulap Raleigh Studio menjadi ruang bioskop dan ruang pameran. Di ruang bioskop yang dapat menampung sebanyak 400 orang tersebut, hadirin disuguhi episode terkini dari setiap serial yang diproduksi oleh Netflix. Selepas menonton, mereka diajak untuk mendengarkan panel yang dihadiri oleh aktor dan aktris Hollywood yang membintangi serial tersebut serta beberapa tamu spesial, seperti Martin Scorsese, Oprah Winfrey, Quincy Jones, Bruce Springsteen, David Lettterman, Ellen DeGeneres, dan Ava Duvernay. Panel-panel tersebut didedikasikan untuk serial Netflix baik yang lama maupun yang baru, seperti Bodyguard, House of Cards, Ozark, The Umbrella Academy, Chilling Adventures of Sabrina, Russian Doll, The Kominsky Method, GLOW, Patriot Act with hasan Minhaj, BoJack Horseman, serial dokumenter Our Planet dan Street Food serta masih banyak lagi. Tahun ini, pihak Netflix juga akan mengadakan beberapa acara dan panel tematik, misalnya Rebels and Rulebreakers, Scene Stealers, Netflix Is A Joke, Change in Focus, dan Food Day. Sembari menikmati sajian kuliner yang dihidangkan di ruang pameran, hadirin dapat mengamati dan berswafoto dengan berbagai props (perlengkapan syuting) dan kostum asli yang digunakan dalam proses pembuatan setiap serial tv yang dipromosikan.

Springsteen on Broadway

Comedians in Cars Getting Coffee

Sejak tahun 2017, Netflix secara rutin menggelar kampanye Emmy Awards secara besar-besaran. Pada tahun pertama, perusahaan streaming raksasa tersebut memecahkan rekor kampanye Emmy Awards yang termahal dan paling ambisius sepanjang sejarah pertelevisian di Amerika Serikat. Strategi kampanye Netflix agaknya mulai membuahkan hasil. Tahun lalu, Netflix berhasil mendulang nominasi Emmy Awards terbanyak dibandingkan saluran tv lainnya.

Foto Cover Grace and Frankie