Pada tanggal 22 Juni 2017, Trump meminta Congress untuk mencegah semua imigran untuk mendapatkan kesejahteraan selama lima tahun pertama di Amerika. Gerakan ini dapat merebut kewenangan negara yang kini memutuskan siapa yang pantas bagi program bantuan. Trump juga dapat melaksanakan regulasi yang menolak status imigrasi kepada mereka yang berpotensi menjadi “beban negara” dalam waktu lima tahun kedatangan mereka.

Pada tanggal 2 Agustus 2017, administrasi Trump mengesahkan undang-undang Senat yang membatasi imigrasi legal. Undang-undang ini akan memprioritaskan mereka yang berkecukupan secara ekonomi, berkemampuan tinggi, dan berbicara bahasa Inggris. Green card juga akan ditolak bagi para anak-anak dewasa dan keluarga jauh dari pemegang green card yang ada sekarang.

Jika undang-undang tersebut menjadi hukum, dapat terjadi penurunan jumlah green card yang dikeluarkan dari 1 juta menjadi 638.000 dalam tahun pertamanya. Angka green card berbasis pekerjaan akan menetap di 140.000 per tahun. Dua per tiganya jatuh ke keluarga, dan 20 persen adalah berbasis pekerjaan. Sisanya dikeluarkan melalui lotere, kepada pengungsi dan pada dasar lainnya.

Program ini serupa dengan sistem berbasis manfaat di Australia dan Kanada. Undang-undang tersebut memiliki peluang yang kecil untuk lolos. Akan membutuhkan mayoritas 60 suara di Senat. Para Demokrat akan menentangnya.