Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, melalui Kantor Bahasa Inggris Regional atau Regional English Language Office (RELO), menyambut kunjungan pakar di bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus dari Universitas Brigham Young Idaho Dr. Dean Cloward selama dua minggu untuk mempelajari pendidikan inklusif di Indonesia, mulai dari 10-20 Desember.

Selama kunjungannya tersebut, Dr. Cloward akan membagikan pandangannya di Jakarta, Medan, Aceh, dan Surabaya berdasarkan pengalamannya selama tiga puluh tahun mengajar para guru murid-murid berkebutuhan khusus di Amerika.

“Pemerintah Amerika Serikat memiliki komitmen untuk mendorong inklusi dan hak-hak penyandang disabilitas, termasuk upaya pembangunan inklusif bagi disabilitas di Indonesia. Penting bagi setiap penyandang disabilitas untuk mendapatkan manfaat dari pendidikan inklusif disertai dengan lingkungan sekitar yang mendukung dan dengan sumber daya yang sesuai,” kata direktur Regional English Language Office Ruth Goode.

Goode menambahkan, “Profesor Cloward memiliki serangkaian latar belakang dalam dunia pengajaran untuk para guru bagi siswa berkebutuhan khusus di Amerika. Kali ini, beliau menggunakan keahliannya untuk membantu sesama guru dalam melakukan tugasnya dan mengatasi tantangan di bidangnya.”

Pada tanggal 10 Desember, Dr. Cloward datang dari Idaho ke Indonesia untuk mempelajari tentang pendidikan inklusif di Indonesia. Dimulai dengan kunjungan dua dari di Jakarta, Profesor Cloward mengunjungi sekolah berkebutuhan khusus SBLN 11 dan sekolah inklusif SMPN 15 untuk menjadi pengamat kelas, dan bertemu dengan guru dan orang tua guna membahas tantangan bagi siswa berkebutuhan khusus dan para guru.

Di Jakarta, Dr. Cloward juga bertemu dengan Aswin Wihdiyanto, Pejabat sementara Direktur Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Khusus Kementerian Pendidikan Nasional, bersama Kelompok Kerja Pendidikan Inklusi Islam Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama yang dipimpin oleh Dr. Rohmat Mulyana, dan bersama Dr. Putra Asga Elevri, Direktur Guru Sekolah Menengah dan Guru Pendidikan Luar Biasa Kementerian Pendidikan Nasional, serta staf pengajar di program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta.

Dr. Cloward kemudian melakukan perjalanan ke Medan, Banda Aceh, dan Surabaya untuk bertemu dengan guru pendidikan khusus, pejabat pemerintah, guru berkebutuhan khusus, pegiat disabilitas, dan penyandang disabilitas.
Di masing-masing tempat tersebut, Dr. Cloward memberikan presentasi tentang pendidikan inklusif kepada siswa dan guru yang mengajar di sekolah berkebutuhan khusus atau sekolah inklusif atau yang sedang persiapan untuk melakukannya.

Pada tanggal 20 Desember, Dr. Cloward akan memberikan presentasi langsung di @America di Mal Pacific Place dengan tema “Memajukan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Pemecahan Masalah Kolaboratif, Praktisi Inklusif, dan Pelatihan Terarah.” Presentasi akan berlangsung mulai pukul 13.30 – 15.00 WIB dan akan disiarkan langsung di media sosial. Dr. Cloward akan mendiskusikan apa yang telah ia pelajari di Indonesia dan akan berbagi wawasan berdasarkan pengalamannya di Amerika dalam menerapkan pendidikan inklusif.

Sumber foto: usembassy.gov

Baca Juga: