KabariNews – Semua orang tahu bahwa daun kemangi beraroma khas dan biasa dipakai untuk masakan dan lalapan. Tapi tidak semua orang tahu kemangi memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Tumbuhan asal India dan Persia ini lebih komersil di banyak negara di dunia dibanding negara asalnya. Di Italia, kemangi dianggap sebagai simbolis kasih dan kadang-kadang digunakan sebagai zat perangsang libodo.

Di Indonesia kemangi digemari untuk lalapan dan campuran masakan. Kemangi juga bermanfaat bagi wanita yang memiliki masalah pada bagian intimnya yang berbau, dengan mengkonsumsi kemangi secara teratur konon akan sembuh.

Kemangi memiliki beberapa varietas yang masing-masing berbeda rasa, yang digunakan untuk memasak dan untuk keperluan obat.

Dalam kemangi terdapat sumber yang baik, mulai dari zat besi, kalsium, potassium dan vitamin C. kemangi juga mengandung jumlah kecil vitamin A, magnesium dan mangan.

Dari zat-zat yang terkandung tersebut, kemangi dipercaya dapat menenangkan sitem syaraf, menghalagi pertumbuhan bakteri dalam tubuh, menghilangkan gejala demam dan pilek, melindungi sel dari oksidasi dan kerusakan, meningkatkan aliran darah melalui badan, meringankan gejala migran, mencegah sembelit.