Memprihatinkan, jika museum menjadi salah satu tempat yang hanya dikunjungi ketika ada program studitur dari sekolah. Bahkan jarang sekali keluarga menjadikan museum sebagai salah satu tujuan wisata, kebanyakan justru memilih lokasi wisata hiburan dan pusat perbelanjaan sebagai tempat untuk mengisi akhir pekan.

Munculnya banyak pusat perbelanjaan dan obyek wisata membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan satu terobosan untuk menarik minat masyarakat agar lebih perduli dan menempatkan museum sebagai salah satu tempat edukatif yang tidak hanya dapat menambah pengetahuan umum dan sejarah, tapi juga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata.

Pentingnya mengenalkan kesadaran masyarakat tentang pengetahuan sejarah nasional, Kemendikbud kini mulai mengiatkan museum sebagai salah satu pusat kebudayaan dan pengetahuan. Dengan program tersebut, dalam waktu dekat Kemendikbud bertekad memajukan permuseuman Indonesia dengan melakukan revitalisasi seluruh museum yang ada di Indonesia.

Disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendy Nuryati, museum tidak boleh kalah dengan mal, untuk itu museum harus menjadi bagian dari kehidupan moderenisasi masyarakat.

Dengan pembenahan dan revitalisasi museum-museum di seluruh Indonesia, Wiendu berharap museum menjadi pilihan wisata edukatif yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya, bahkan pusat-pusat perbelanjaan. Untuk itu pihaknya terus melancarkan revitaliasasi museum yang ada di Indonesia.

“Kita punya 300 museum di Indonesia, semuanya memiliki keunikan dan keunggulan yang spesifik dari masing-masing daerah, dimana semua mempunyai kekayaan budaya dan sejarah,” katanya.

Mengenal sejarah dengan mengunjungi museum dianggap Wiendu merupakan salah satu ciri negara besar, untuk itu ia meminta masyarakat untuk turut mendukung kemajuan museum Indonesia.

Demi pengetahuan sejarah dan museum nasional, Wiendu juga berpesan kepada duta-duta museum agar bisa memberikan kontribusi baik untuk negara. Untuk itu ia meminta kepada para duta agar bisa menjadi garda depan perkembangan museum daerah, sehingga bisa memberikan masukan kepada pemerintah terkait museum-museum yang ada di daerah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50616

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :