KabariNews Komitmen negara Amerika Serikat untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang perekonomian dan investasi dengan Propinsi Jawa Timur terus bergulir dengan bertemunya kedua belah pihak di Gedung Grahadi kantor Gubernur Jawa Timur. Delegasi Amerika yang dipimpin Konsulat Jendralnya, Heather Variava secara langsung bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada Kamis, 14 Januari 2016.

Dalam kesempatan itu kedua belah pihak sepakat masing-masing untuk membentuk tim guna menjajaki potensi kerjasama Perekonomian dan investasi tersebut. Amerika serikat menyadari bahwa Jawa Timur adalah salah satu pusat kegiatan yang penting bagi pertumbuhan perekonomi di Indonesia. Pada tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Jawa Timur di proyeksikan sekitar 20% lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan nasional. Pencapaian ini menunjukan kualitas kepemimpinan dan keunggulan kompetitif. Keberhasilan Jawa Timur tidak hanya didasarkan pada perusahaan-perusahaan yang ada di Jawa Timur, melainkan juga kualitas sumberdaya manusianya.

“Keseriusan Amerika Serikat untuk meningkatkan kerjasama dengan Jawa Timur ditandai dengan pernyataan Duta Besarnya, Robert Blake yang meminta saya untuk membentuk dan mengutus delegasi perdagangan dan investasi Amerika Serikat ke Jawa Timur,” kata Heather.

Selanjutnya Heather Variava menjelaskan, “ Kerjasama tidak hanya dalam bidang perokonomian dan investasi saja, tetapi dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Seperti meningkatkan pendidikan bahasa Inggris di sekolah-sekolah dan universitas “.

Selama dua tahun ini relawan dari Peace Corps (satuan relawan-red) Amerika Serikat yang bermitra dengan relawan lokal membantu dan mengajar siswa-siswi sekolah untuk menguasai bahasa Inggris. Peace Corps juga akan membantu mempersiapkan tenaga kerja di jawa Timur guna menghadapi pasar dunia dan era komunitas ekonomi ASEAN (MEA) dalam berkomunikasi berbahasa Inggris.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga menyambut baik rencana kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dengan Jawa Timur. Dalam kesempatan itu Soekarwo memberikan apresiasi kepada pemerintah Amerika Serikat yang mempercayai Jawa Timur sebagai mitra kerjasamanya. Soekarwo mengatakan, “ Kita tidak perlu kuatir dengan adanya MEA dan membanjirnya tenaga kerja asing kesini. Yang penting kesiapan SDM yang berkualitas dan infrastruktur kita sudah siap “.katanya

Rencana dalam bulan Maret 2016 delegasi perdagangan dan investasi Amerika Serikat dan delegasi Jawa Timur akan bertemu, guna menindaklanjuti kerjasamanya. Sektor-sektor yang yang berpotensi akan di bahas dalam pertemuan itu.