KabariNews – Dari Menurunkan Berat Badan Sampai Mencegah Flu. 

Bagi yang tinggal dan besar di Indonesia atau daerah tropis lainnya, manfaat dan kelezatan buah kelapa tentunya sudah tidak asing lagi. Dari mulai dimasak untuk kue atau masakan, sampai dibuat menjadi minuman segar. Tapi apakah Anda tahu bahwa kelapa itu bernutrisi tinggi?

Mendorong Metabolisme

Percaya atau tidak, menurut riset rumah sakit kota Wellington di New Zealand kelapa itu bisa menurunkan berat badan 50 persen lebih cepat. Ini terjadi karena terdapatnya kandungan medium chain fatty acids, yaitu semacam zat lemak unik yang mampu mengantar kandungan lemak kedalam hati dan mengubah langsung menjadi energi, bukan gumpalan lemak.

Kekebalan Optimal

Sebagai satu-satunya buah yang mengandung zat lauric acid, menurut laporan riset oleh Universitas Georgetown, kelapa bisa mengusir penyakit musiman seperti influenza, demam, dan mononucleosis (infeksi kronis contohnya TBC). Itu dikarenakan tubuh kita secara alami mengubah lauric acid menjadi monolaurin, semacam biokemikal yang mencegah sel-sel bakteri dan viral bertambah.

Kekuatan Daya Otak

Kelapa memiliki zat potassium sebanyak yang dikandung oleh buah pisang. Komponen kimia tersebut mampu mengencerkan darah untuk memperlancar sirkulasi, mempercepat penghantaran oksigen menuju sel-sel otak. Selain itu, potassium menghantar zat-zat nutrisi lainnya seperti choline kearah otak, dimana mereka menolong pembentukan kunci bagi stimulasi elektrik yang menghubungkan otot dengan organ (neurotransmitters). Hasil dari proses tersebut menjadikan manusia berpikir dan berfokus lebih tajam.

Menenangkan Perut

Satu cangkir penuh dengan parutan kelapa kira-kira mengandung 9 gram serat yang tidak dapat dilarutkan—jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi. Serat-serat tersebut menyediakan tempat bagi bakteri bagus yang memproduksi butyric acid bernama probiotics. Sistem stimulator saluran pencernaan alami tersebut membantu melancarkan pencernaan dan membasmi perut keram, masuk angin, serta kembung.

Resep-Resep Cepat dan Enak Dengan Kelapa

Tropical Pineapple Parfait

Saring satu kaleng (sekitar 20 oz) isi buah nanas yang sudah dipotong-potong, sisakan sekitar lima sendok makan jusnya. Didalam mangkuk besar campurkan tiga sendok makan jus nanas dan satu kotak yogurt vanilla. Di mangkuk terpisah, aduk potongan nanas, sisa jus, satu cangkir buah blueberry, setengah cangkir parutan kelapa kering yang sudah dipanggang dan dimaniskan, serta dua sendok makan madu. Taburkan dengan parutan kelapa kering dan daun mint.

Sweet and Crispy Shrimp

Panaskan dua cangkir minyak sayur di wajan. Bumbui 16 ekor udang yang sudah dikupas dengan garam dan merica. Gulingkan udang kedalam mangkuk penuh dengan tepung terigu, dan celupkan kedalam dua telur yang sudah dikocok. Kemudian gulingkan udang kedalam satu setengah cangkir parutan kelapa kering yang sudah dimaniskan. Goreng udang selama 5 menit atau sampai warnanya coklat muda. Diamkan selama 5 menit dan santap dengan saus asam manis.

Gingerbread Minis

Panaskan oven panggang sampai 350 Fahrenheit derajat. Siapkan satu kotak campuran gingerbread cake dan cookie (instan mix) menurut petunjuk kotak tersebut. Tambahkan satu cangkir parutan kelapa kering panggang yang sudah dimaniskan serta setengah cangkir kismis dan kacang kenari, kemudian aduk dengan campuran cake mix. Tuangkan adonan tersebut kedalam tempat panggang muffin yang sudah dioleskan mentega. Panggang selama 10 menit atau sampai matang (tes dengan menusukkan tusuk gigi kedalam kue dan ketika diangkat bersih). Diamkan selama 10 menit, kemudian taburkan dengan tepung gula sebelum disantap. (inna)