Nominasi penghargaan tahunan Golden Globes yang ke-76 dipadati oleh banyak talenta keturunan Asia di berbagai kategori.

Crazy Rich Asians berhasil mendapatkan nominasi dalam kategori Best Motion Picture – Musical or Comedy. Karya layar lebar yang disutradarai oleh Jon M. Chu ini berdasarkan pada novel keluaran tahun 2013 yang ditulis oleg Kevin Kwan. Film bergenre drama-komedi romansa tersebut merupakan film pertama dalam 25 tahun di Hollywood yang semua pemainnya keturunan Asia.

Warner Bros

• Peran aktris Constance Wu sebagai Rachel Chu dalam film Crazy Rich Asians berhasil menghantarkannya kepada nominasi dalam kategori Best Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy. Hal tersebut menandai pertama kalinya dalam kurun waktu hampir setengah abad seorang aktris keturunan Asia mendapatkan nominasi akting terbaik untuk kategori film di ajang Golden Globe.

• Komite Hollywood Foreign Press Association (HFPA) selaku penyelenggara Golden Globe Awards juga mengakui kepiawaian akting seorang Sandra Oh melalui nominasi dalam kategori Best Performance by an Actress in a Television Series – Drama. Ia mendapat nominasi tersebut untuk perannya sebagai Eve Polastri, seorang agen intelijen Inggris di serial televisi Killing Eve. Pada tahun 2005, Sandra pernah menerima penghargaan Golden Globe untuk peran ikoniknya sebagai Dr. Cristina Yang di serial Grey’s Anatomy. Jika ia berhasil memenangkan piala tersebut sekali lagi, Sandra akan menjadi aktor keturunan Asia pertama yang memenangkan beberapa Golden Globes.

dok. BBC America

• Sementara itu, aktor keturunan Filipina-Amerika Darren Criss masuk dalam nominasi Golden Globes kali ini dalam kategori Best Performance by an Actor in a Limited Series or Motion Picture Made for Television. Nominasi tersebut diraihnya atas perannya sebagai pembunuh berdarah dingin Andrew Cunanan dalam serial The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story. Ia mulai dikenal di Hollywood dengan berperan sebagai Blaine Anderson di serial drama musikal Glee.

dok. FX

Shoplifters yang mewakili Jepang juga mendapat pengakuan dalam kategori Best Foreign Language Film pada ajang Golden Globes 2019 mendatang. Karya layar lebar tersebut berkisah tentang seorang ayah dan anak laki-lakinya yang datang dari keluarga miskin. Mereka menyelamatkan dan membawa pulang seorang gadis kecil yang mereka temukan tengah kedinginan di jalan, setelah mereka mencuri barang di sebuah toko. Sebelumnya, film yang disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda ini berhasil memboyong penghargaan utama Palme d’Or di Cannes Film Festival 2018.

dok. IMDb

Mirai juga mencetak sejarah baru dalam kategori Best Animated Film. Film karya Mamoru Hosoda tersebut merupakan film animasi buatan studio asal Jepang pertama yang masuk dalam kategori tersebut. Seperti diketahui, mayoritas film animasi yang masuk kategori tersebut sebelumnya merupakan produksi studio Hollywood. Film tersebut berkisah tentang sebuah keluarga yang tinggal di dalam sebuah rumah terpencil di sudut kota, dimana keluarga ini sangat memanjakan anak laki – laki berusia 4 tahun yang bernama Kun-chan. Saat Kun-chan mendapatkan seorang adik perempuan yang diberi nama Mirai, ia merasa iri dan beranggapan bahwa sang adik mencuri perhatian dan cinta kasih orang tua darinya. Kun-chan akhirnya mengalami berbagai pengalaman yang pertama kali dialami dalam kehidupannya. Ia pun bertemu dengan sosok Mirai yang lebih tua, yang datang dari masa depan.

dok. GKIDS

Foto Cover (IMDb)