Lumajang, KabariNews.com – Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, yang dikabarkan hilang di Gunung Semeru, Jawa Timur, ditemukan telah meninggal dunia.

Andika Listyono Putra, dilaporkan hilang saat melakukan perjalanan turun dari puncak Semeru oleh rekan-rekannya pada hari Selasa (28/7).

Tubuh Andika ditemukan oleh tim SAR gabungan sudah tidak bernyawa pada hari Minggu (2/8).

Berdasarkan informasi yang diterima, Tubuh Andika ditemukan berada di kawasan jurang Blank 75.

Tim SAR gabungan menemukan korban pada hari kelima pencarian,  udara dingin yang mencapai minus 3 derajat Celcius, serta buruknya cuaca dan lokasi yang sulit dicapai sempat menyulitkan proses evakuasi korban.

Kepala Humas dan Keprotokolan Universitas Gajah Mada, Suryo Baskoro, menjelaskan, bahwa kabar ditemukan sesosok tubuh yang diduga Andika diterimanya pada hari Minggu (2/8) pukul 15.00 WIB.

“Pada hari Minggu, sekitar pukul 15.00 WIB., kami mendapatkan laporan dari tim SAR mengenai penemuan sesosok tubuh yang diduga kuat adalah Andika,” tuturnya.

Andika diketahui hilang setelah keenam rekan-rekannya melaporkan kehilangan Andika pada pos penjagaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS). Kabut tebal dan udara dingin serta hembusan angin yang cukup kencang membuat Andika terpisah dari rombongannya.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang paling aktif dan memiliki cuaca yang cukup ekstrim.

Kawasan Blank 75 atau jurang 75 lokasi ditemukannya jasad Andika merupakan kawasan berbahaya dan bukan jalur pendakian, kawasan ini berjarak 2 km dari puncak Semeru.

Andika merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara angkatan 2008, UGM, Yogyakarta.

Sementara itu, jenazah dibawa ke rumah sakit Lumajang untuk proses visum.

Putut Yulianto, juru bicara Fisipol Response Unit menjelaskan, bahwa pihak keluarga berharap agar almarhum tidak diotopsi.

“Keluarga meminta agar jasad Andika tidak diotopsi, dan akan dimakamkan dengan kondisi apa adanya,” tutur Putut.

Pihak keluarga hingga kini belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut mengenai tewasnya Andika.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33515

Untuk melihat Berita Indonesia / Khusus lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :