KabariNews – Berkarir di luar negeri hampir menjadi impian semua orang, selain akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, penghasilannya pun kabarnya lebih menjanjikan. Tapi untuk mewujudkannya tidak mudah, banyak persiapan yang dibutuhkan, selain mampu menguasai bahasa asing, penyesuaian dengan budaya setempat pun tidak mudah, pasalnya kebudayaan setiap negara pasti berbeda.

Namun jika impian itu sudah bulat, tidak ada salahnya dicoba. Segala sesuatunya bisa diraih jika Anda memiliki kegigihan untuk mencapai kesuksesan di negeri orang.

Ada beberapa kiat untuk memulai mengembangkan karir di luar negeri, ini masukan untuk Anda :

Perluas informasi

Anda tidak mungkin pergi hanya berbekal nekat tanpa ada informasi yang cukup tentang negara tujuan. Sebelum Anda benar-benar mantap dengan keputusan Anda, ada baiknya Anda mengali beberapa informasi seputar negara tujuan. Gali informasi sebanyak-banyaknya mulai dari kerabat, teman, juga informasi yang ada di internet. Cari peluang itu untuk mendapat kemudahan untuk membantu mencari informasi seputar jenis pekerjaan dan perusahaan yang Anda inginkan. Anda pun bisa berlangganan majalah bisnis luar negeri atau tetap memantau perkembangan bisnis negara tujuan melalui internet.

Informasi juga sangat dibutuhkan ketika Anda sudah sampai di negara tujuan. Jika Anda memiliki kerabat atau teman di negara tujuan Anda, mintalah bantuannya untuk mengirimkan informasi perincian untuk biaya hidup (mulai dari biaya tempat tinggal, transportasi, jaminan kesehatan), perkiraan gaji, sampai prospek karir di negara tujuan.

Keahlian

Semua perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Persaingan karir yang semakin ketat menjadikan banyak orang kehilangan kesempatan bekerja karena dinilai kurang menguasai bidangnya. Kesempatan inilah yang perlu Anda siapkan, yakini dengan memantapkan kemampuan yang Anda miliki. Jadi sebelum berangkat, pastikan Anda punya ‘sesuatu’ yang bisa membuat perusahaan punya pertimbangan untuk merekrut Anda.

Pelajari etiket bisnis internasional

Budaya setiap negara berbeda-beda, begitu juga dengan etika berbisnisnya. Biasanya bagi karyawan asing akan diberikan pelatihan etika bisnis internasional, salah satu pelatihannya tentang bagaimana cara menghadapi klien dengan bahasa dan budaya yang berbeda.

Sebagai contoh, ketika Anda memilih negara Jepang, tentunya Anda harus tahu kebudayaan mereka seperti tradisi membungkukan diri. Membungkuk merupakan tradisi untuk memberikan penghormatan kepada seseorang atau klien. Berbeda pula dengan tradisi di Italia, yang terbiasa memberikan pelukan untuk penghormatan. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik, Anda bisa memulainya dengan mempelajari jurnal pelatihan bisnis yang tersedia di internet.

Tujuan berkarir

Pilihlah negara yang memungkinkan menunjang karir Anda. Jika Anda seorang fresh graduate, bisa jadi ini pengalaman yang paling berharga, karena ketika kembali berkarir di Indonesia, pengalaman tersebut akan menjadi nilai plus untuk Anda.

Tapi, kalau Anda sudah memulai karir di Indonesia, sebaiknya persiapkan diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri dengan jenjang karir yang lebih tinggi.

Persiapan dana dan tabungan

Semua orang tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, itu sebabnya kenapa menabung menjadi suatu kebiasaan penting. Terutama saat Anda berada jauh dari keluarga dan tinggal di tempat yang belum sepenuhnya Anda kenal. Ada baiknya Anda memiliki tabungan yang khusus disiapkan untuk keperluan selama tinggal di negeri orang. Demi kemudahan lagi, sebaiknya Anda menabung di bank-bank internasional yang memiliki cabang di negara tujuan Anda.

Lengkapi data administrasi

Hati-hati dengan deportasi. Untuk Anda yang baru pertama kali, pastikan Anda sudah memenuhi syarat-syarat berpergian ke luar negeri, seperti paspor, visa kerja dan data-data untuk keperluan pekerjaan. Semua syarat tersebut wajib dibawa.

Cari informasi seputar syarat legal di negara tujuan, pasalnya masing-masing negara memiliki aturan yang berbeda-beda. Hal ini dapat mempermudah langkah Anda selanjutnya.