Kinaryosih ternyata tetap menjaga hubungan dengan budaya leluhurnya, yaitu budaya Jawa, kendati memilki suami pria bule.

“Darah saya sangat erat terkait dengan hal-hal klenik, santet, dan budaya kejawen. Jadi, saya percaya pada hal-hal seperti santet dan perdunan,” kata Kinaryosih setelah melakukan adegan ritual dalam film Syirik yang sedang diproduksi di desa Banyusoco, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, pada Selasa (7/11/2023).

Meskipun demikian, Kinar, seperti dia biasa menghilang, tidak terjerumus dalam hal-hal yang bersifat mistis.

“Mengetahui hal-hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan batin dan memperluas pemahaman tidak ada yang salah. Yang terpenting, kita tidak boleh terlalu terlibat sehingga menjauh dari Tuhan,” ujarnya dengan serius.

Terlebih lagi, Kinar yang berperan sebagai Santika dalam film produksi Ganesa Films, memiliki suami bule yang lebih rasional dan tidak percaya pada hal-hal mistis.

“Ketika saya berbicara dengan suami tentang hal-hal yang masuk akal, dia menerima. Namun, ketika berbicara tentang hal-hal mistis dan santet, itu tidak akan diterima. Ini bisa memicu kejadian yang tidak sehat,” kata Kinaryosih dengan sopan.

Meskipun Kinar telah membintangi banyak film dengan tema mistis, dia ternyata adalah seseorang yang mudah ketakutan.

“Saya sebenarnya penakut, tapi beruntungnya, di lokasi syuting selalu ada banyak orang, jadi rasa takut itu hilang. Alhamdulillah, selama syuting film horor, termasuk syuting film Syirik, saya tidak mengalami hal-hal aneh, apalagi gangguan dari makhluk halus,” kata Kinaryosih.

Sumber foto: Istimewa