Bagi pelajar indonesia yang Ingin melanjutkan pendidikan ke Negeri Paman Sam, kini tidak perlu bingung lagi saat ingin mengajukan visa pelajar, pasalnya pemerintah Amerika Serikat telah mempermudah proses pengajuannya. Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan Kedutaan Besar AS di Jakarta, pada tahun 2012 kemarin sebanyak 96 persen visa pelajar indonesia dikabulkan pemerintah Amerika. Ini menjadi bukti bahwa AS turut mendukung pelajar Indonesia untuk mengeyam pendidikan yang lebih tinggi di Amerika.

Pada pameran pendidikan AS yang diadakan di Hotel Le Meridien, Jakarta ( 3/2), Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel juga menegaskan saat ini sudah tidaka ada lagi masalah dalam pengajuan visa pelajar. Marciel menjelaskan dari 96 persen pelajar yang visanya disetujui, tersisa empat persen mahasiswa yang ditolak visa umumnya karena belum memenuhi dasar yang diperlukan, misalnya belum bisa membuktikan kesanggupannya membiayai pendidikan selama di AS.

“Namun, jumlah permohonan visa yang ditolak juga sangat kecil. Bahkan, lebih kecil jika dibandingkan negara lainnya,” imbuh Marciel.

Marciel pun mengatakan, kerjasama pendidikan ini semata tidak hanya untuk mendukung pendidikan di indonesia, karena  dengan banyaknya pelajar indonesia yang menuntut ilmu ke Amerika atau pun sebaliknya, bisa menjadi faktor mendukung terciptanya pemahaman yang lebih baik antara kedua negara

Dalam pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Education USA ini, sebanyak 26 institusi pendidikan di AS turut berpartisipasi. Selain di Jakarta, pameran serupa masih akan diadakan hingga minggu depan di tiga kota lainnya di Indonesia, seperti Surabaya, Denpasar, dan Manado. Sebelum di Jakarta, Education USA juga sempat menggelarnya di Medan.

Kondisi ini mengindikasikan AS masih menjadi negara tujuan bagi mahasiswa asal Indonesia, karena sistem pendidikan yang mereka miliki dinilai sangat maju.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52490

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :