KJRI New York bekerja sama dengan Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) New York dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri New York adakan kegiatan Pemilu Damai bertempat di Ruang Pancasila KJRI New York pada tanggal 19 Januari 2024.

Kegiatan ini mengundang tokoh masyarakat/sesepuh, pemuka agama dan para tokoh komunitas diaspora Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI New York untuk turut mengawal dan mendampingi proses Pemilu 2024 di wilayah kerja KJRI New York sesuai dengan prinsip pemilu, yaitu aman, damai, jujur, adil dan transparan.  Selain itu, Watapri New York, para pejabat perbankan turut hadir, termasuk para saksi, perwakilan dari partai pemilu serta awak media.

Konjen RI New York Winanto Adi menyampaikan bahwa terdapat lebih dari 50 negara di dunia yang menyelenggarakan pemilu di tahun 2024, salah satunya Indonesia. KJRI New York sebagai wakil pemerintah RI mendukung pelaksanaan Pemilu 2024, memelihara netralitas namun akan mensukseskan jalannya Pemilu, sesuai dengan prinsip pemilu yaitu aman, damai, jujur, adil dan transparatan.

Konjen Winanto juga mengajak masyarakat untuk mengawal dan berkontribusi terhadap proses Pemilu 2024 di wilayah kerja KJRI New York serta menyambut Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi yang menggembirakan. Digarisbawahi pula bahwa pemilu di negara manapun akan mengakibatkan suasana politik agak panas, namun ditekankan Winanto bahwa hal tersebut adalah hal biasa. “Jangan sampai kita terjebak pada hingar bingar pemilu sesaat, namun melupakan agenda kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih besar di masa depan,” ujarnya.

Indriyo Sukmono, selaku Ketua PPLN New York menyampaikan bahwa pemilik suara adalah bintang dalam setiap pemilu. Indriyo menjelaskan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah kerja KJRI New York adalah 11.141 pemilh yang terdri dari 6.647 pemilih melakui pos, sementara sisanya akan memilih di TPS New York, Kotak Suara Keliling (KSK) di Philadelphia dan di Dover. Indriyo juga memperlihatkan demo cara mencoblos surat suara Presiden/Wakil Presiden dan DPR RI yang sah.

Wakil dari Panwaslu New York, Hilman Beyri, menyampaikan bahwa tugasnya secara umum adalah menjalankan fungsi pengawasan penyelenggaraan pemilu di wilayah New York. Beberapa diantaranya adalah mengawasi pelaksanaan sosialisasi, mengawasi pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, mengawasi kampanye, termasuk mengawasi pemungutan dan penghitungan suara serta pengumuman hasil penghitungan suara.

Sebagai informasi, pemilu di wilayah kerja KJRI New York akan dilakukan lebih awal daripada di tanah air, yaitu tanggal 6 Februari 2024 di Philadelphia bertempat di Aquinas Center, negara bagian Pennsylvania, pada tanggal 8 Februari 2024 di Dover bertempat di Dover Elks, negara bagian New Hampshire dan pada tanggal 10 Februari 2024 di New York City, negara bagian New York bertempat di Sound River Studio, Long Island City. Sementara itu, penghitungan suara akan diselenggarakan di KJRI New York pada tanggal 14 Februari 2024.

Kegiatan Pemilu Damai ini dihadiri oleh sekitar 50 orang dan juga dilakukan secara daring untuk mereka yang tinggal di luar New York, seperti di Philadelphia, Connecticut dan New Hampshire. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. Setelah kegiatan selesai, para saksi, perwakilan partai, tim pemenangan mengadakan pertemuan teknis dengan PPLN New York.

Sumber foto: Istimewa

Baca Juga: