Pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mempromosikan hubungan yang kuat antara dua negara melalui bahasa universal: musik jazz.

Dalam upaya tersebut, Drew Tucker and New Standard Band, sebuah kuintet yang memadukan elemen hip-hop, pop, dan jazz dari Florida, akan tampil di Indonesia dari tanggal 28 April hingga 12 Mei.

Acara yang difasilitasi oleh program Utusan Seni Departemen Luar Negeri AS ini bukan sekadar sekumpulan pertunjukan musik, tetapi juga merupakan ajang untuk membangun dialog, memperluas cakrawala budaya, dan mendorong kolaborasi antara masyarakat Indonesia dan Amerika. Dengan memanfaatkan instrumen-instrumen seperti vibraphone dan tuba, Tucker dan timnya bertujuan untuk memperdalam pemahaman akan kebebasan berekspresi, keberagaman, dan inklusi.

Menggarisbawahi komitmen pemerintah AS terhadap ekonomi kreatif Indonesia, program ini juga bertujuan untuk memperkuat jaringan dalam industri musik. Dengan menghadirkan pengalaman musik yang mendalam, Kedutaan Besar AS ingin memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan kemakmuran masyarakat lokal.

┬áJuru Bicara Kedutaan Besar AS, Michael Quinlan, menjelaskan, “Tradisi nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia, tercermin dalam semboyan masing-masing negara: E Pluribus Unum dan Bhinneka Tunggal Ika. Program pertukaran seperti ini membuka pintu bagi dialog dan pembelajaran bersama, dan musik memberikan kesempatan luar biasa untuk berkomunikasi.”

Dalam rangkaian acara mereka di Indonesia, Drew Tucker and New Standard Band akan mempersembahkan penampilan-penampilan yang menarik di berbagai kota, mulai dari Jakarta hingga Surabaya. Salah satu momen yang sangat dinantikan adalah penampilan di @america pada tanggal 30 April 2024, yang akan menjadi panggung bagi kolaborasi antara musisi AS dan musisi lokal Indonesia, dalam kerjasama dengan Forum Jazz Indonesia.

Selain memberikan hiburan bagi publik, perjalanan musik ini juga memiliki misi edukatif yang kuat. Mereka akan berkolaborasi dengan universitas dan sekolah musik setempat untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, serta membangun kesadaran akan pentingnya kewirausahaan dalam industri musik.

Dengan demikian, melodi dari Drew Tucker and New Standard Band tidak hanya akan mengalun memikat telinga, tetapi juga membawa pesan perdamaian, kerjasama, dan persahabatan lintas budaya, memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam perayaan 75 tahun kerjasama yang berharga.

Sumber foto: Kedutaan Besar Amerika Serikat

Baca Juga: