KabariNews –  Untuk pertama kalinya Konsulat Jendral Amerika Serikat untuk Jawa Timur, Heather Variava merayakan pergantian tahun 2015 ke 2016 di Surabaya bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Gedung Pemerintahan Jawa Timur Grahadi (31/15). Acara yang diawali dengan acara saresehan di aula gedung Grahadi Ini dihadiri oleh Sekda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, Dan Armabar, Konsulat Jendral negara Jepang, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Media dan Pimpinan Universitas serta para Undangan lainnya.

Heather Variava menyampaikan tentang fokus pemerintah Amerika Serikat pada hubungan kerja sama dengan pemerintah Jawa Timur. “Pemerintah Amerika Serikat mengakui bahwa Jawa Timur merupakan pusat kegiatan yang penting bagi Indonesia, bahkan kami telah memiliki konsuler di Jawa Timur sejak tahun 1866, artinya dalam beberapa jam ke depan, akan menandai kerja sama selama 150 tahun.” katanya.

Heather menambahkan, Robert Blake sangat bersemangat tentang potensi kemitraan ekonomi lebih lanjut dengan Jawa Timur, sehingga meminta konjen Jawa Timur untuk membentuk delegasi perdagangan pada awal 2016 dan berharap kerjasama ini dapat dukungan dari Badan Penanaman Modal Jawa Timur dan Pemerintah daerah untuk mensukseskan rencana ini.

Dalam kesempatan yang sama  Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan berterima kasih pada seluruh elemen masyarakat Jawa Timur, DPRD, FORPIMDA  Jawa Timur, Tokoh Masyarat, Pimpinan Pemerintahan di seluruh Jawa Timur dan Perwakilan Negara Sahabat yang telah bekerjasama dalam memajukan dan membangun Jawa Timur.

Selanjutnya Soekarwo meminta dan mengajak seluruh elemen yang ada di tahun 2016 untuk lebih meningkatkan pembangunan di Jawa Timur. “Kalau kita ingin maju, kita menyatukan diri untuk melangkah ke depan, itu syarat utama dan semoga di tahun 2016 kita semua diberkahi oleh yang Maha Kuasa “  tuturnya.

Perayaan pergantian tahun tersebut dihadiri ribuan warga Surabaya dan sekitarnya yang memenuhi halaman Gedung Grahadi.  Sajian hiburan pun digelar untuk memeriahkan dan menghibur warga dengan menampilkan pagelaran musik dangdut. Perayaan tersebut ditutup dengan sajian aneka warna dan bentuk kembang api yang sengaja di suguhkan oleh pemerintah Jawa Timur untuk masyarakat. (1011)