KabariNews – Penampilan penyanyi legendaris Iwan Fals selalu membuat penggemar terpukau. Ribuan penonton memenuhi Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang. Mereka dibuat terpana dengan penampilan Iwan Fals yang menyanyikan 25 lagu.

Dalam konser bertajuk Mata Hati yang digelar pada Sabtu (26/11) di Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang. Gelaran ini diprakarsai oleh J Entertaiment dan Bank BNI 46.

Konser Iwan Fals berlangsung selama 3 jam. Saat konser dimulai, suasana heboh dan suara teriakan penonton memanggil-manggil nama Iwan pun mulai terdengar. Lalu saat Iwan bersama band pengiringnya naik diatas panggung dan menyapa penonton.

“Selamat malam…yo…opo kabare Ker…” (Selamat malam, bagaimana kabarnya rek. “Ker” merupakan bahasa prokem Malang yang dibalik  dari kata “rek”, –Red). Iwan cukup lincah berbahasa prokem Malang, karena 3 orang personil bandnya merupakan asli orang Malang.

Iwan Fals konserDengan petikan gitarnya, Iwan membawakan  lagu berjudul 19 Juli 1996 sebagai lagu pembuka. Suasana semakin meriah, ketika Iwan menyanyikan lagu kedua berjudul Setengah Dewa. Namun, saat Iwan membawakan lagu Antara Aku Kau dan Bekas Pacarmu, lagu romantis yang populer di tahun 1990-an, suasana berubah menjadi sedikit melow.

Tak hanya 3 lagu di atas, penyanyi berusia 55 tahun ini juga menyanyikan Mata Indah Bola Pingpong, Bongkar, Bento, Omar Bakri, dan Pohon Kehidupan.

Saat Iwan menyanyikan lagu Pohon Kehidupan, suasana hening. Diantara penonton terutama kaum perempuan yang meneteskan air mata terbawa susana syair lagu yang mengharukan. Lagu ini terinspirasi dari suku Mentawai yang menangis karena pohon sebagai sumber kehidupan telah ditebangi. Bagi suku Mentawai, pohon adalah Tuhan mereka. Karena pohon memberikan kehidupan bagi mereka.

Tak hanya itu, dengan suara lantangnya, Iwan pun menyanyikan lagu yang berjudul Lawan Korupsi yang diciptakan oleh mantan Komisiner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjajanto.Iwan fals konser1

“Saya ingat musik saya diwarnai oleh orang Malang, seperti lagu yang berjudul Mata Hati yang diciptakan bersama Ian Antono musisi Malang dan saya senang bisa kembali ke sini,” sapa Iwan disela-sela pentasnya.

Kemudian dentingan gitar mulai terdengar lagi dan Iwan menyanyikan lagu Mata Hati. Selanjutnya Iwan menyanyikan Mabuk Cinta sebagai lagu pamungkasnya. Konser eksklusif Mata Hati Iwan Fals pun berakhir pada pukul 23. 40 WIB.

Yang menarik dari setiap gelaran konser, Iwan selalu melalukan penanaman pohon. Kali ini ia menanam pohon pelangi di Desa Sumber Awan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.  Karena itu, Iwan selalu berpesan agar setiap manusia harus dekat dengan Tuhan dan mencintai lingkungan, serta alam semesta. (Yanuar/Foto : Yanuar)