KabariNews – Hari ini, 4 November 2008, warga AS memilih Presiden baru. Dalam sejarah untuk pertama kalinya AS menyaksikan calon Presiden berkulit hitam dan calon wapres seorang perempuan. Itu paling tidak mendorong banyak orang untuk voting dalam Pemilu kali ini.

Beberapa perusahaan AS pun tidak menyia-nyiakan kesempatan hari ini untuk melakukan kampanye “brand awareness” atas produk mereka. Lebih jelasnya, mereka memberikan produk mereka secara gratisan buat barang siapa yang memilih dalam Pemilu AS Selasa ini.

Starbuck menawarkan secangkir kopi cuma-cuma buat orang-orang yang meminta pada hari ini.

Semula Starbuck berencana memberikan kopi gratisan buat orang yang sudah voting saja dan memakai sticker “I VOTED”. Ini seperti janji dalam iklannya, “Bila anda peduli untuk memilih, maka kami akan peduli memberi kopi gratis buat anda”.

Tetapi karena kuatir kena tuntutan hukum menyalahani Peraturan Pemilu dan dikira memberi iming-iming agar pemilih mencoblos partai tertentu, Starbuck kemudian membolehkan semua yang minta kopi gratis.

Selain Starbuck, Krispy Kreme Doughnuts juga membagi-bagikan donut berbentuk bintang secara gratisan. Dan, Ben and Jerry Ice Cream menawarkan es krim zonder bayar sebagai perayaan Pemilu kali ini.