Apakah Anda memiliki kebiasaan memulai hari dengan sedikit campuran kafein dan mengakhirinya dengan sepotong cokelat hitam? Banyak orang memasukkan keduanya ke dalam makanan. Ada manfaat potensial yang melekat pada kedua makanan tersebut. Namun, kopi dan coklat selalu dibandingkan satu sama lain, karena kesamaan rasa.

Ahli gizi Aakriti Arora mengatakan, “Kopi dan cokelat memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi dan kaya akan kafein. Keduanya memiliki banyak efek positif pada kesehatan seseorang jika dipertimbangkan dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat.”

Manfaat Kesehatan Dari Kopi

Berbagai penelitian menemukan bahwa konsumen kopi memiliki risiko jangka panjang yang lebih rendah terhadap beberapa penyakit utama. Menurut ahli gizi, “Kopi meningkatkan tingkat energi seseorang karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan fungsi mental secara umum. Ini juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 10% dan membantu menghilangkan lemak. Tidak hanya itu, kopi juga mengandung vitamin B kompleks, Mangan dan Kalium.”

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi, dan kebanyakan orang mengkonsumsi lebih banyak antioksidan dari kopi daripada dari kombinasi buah dan sayuran. Terlebih lagi, minuman sederhana ini dapat membantu meringankan depresi dan meningkatkan mood seseorang.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Arora menjelaskan bahwa cokelat adalah suguhan lezat, yang sering dikonsumsi dengan gula, krim, tepung olahan, dan lemak dalam jumlah berlebihan.

“Meskipun cokelat hitam kaya akan serat, besi, magnesium, tembaga, mangan, dan beberapa mineral lainnya, manfaatnya tidak sampai kepada kita karena bahan tambahan yang disebutkan di atas. Saat dikonsumsi dalam bentuk mentah – Biji Kakao – atau dalam bentuk olahan – 98% hingga 99% Cokelat Hitam – memiliki banyak manfaat yang diketahui umat manusia. Bubuk Kakao Organik dan cokelat hitam memiliki berbagai macam antioksidan kuat , sama seperti kopi.”

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa itu juga mengurangi kerentanan LDL (kolesterol jahat) terhadap kerusakan oksidatif sambil meningkatkan HDL ( kolesterol baik ) dan meningkatkan sensitivitas insulin. Cokelat hitam mengandung zat seperti kafein dan teobromin, yang meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Kopi Vs Cokelat

Sekarang sampai pada pertanyaan mana yang lebih sehat untuk Anda, ahli gizi yang berbasis di Delhi mengatakan keduanya sehat. “Tergantung pada manfaat yang Anda cari, Anda dapat memilih salah satunya. Anda juga dapat memasukkan kedua antioksidan kuat ini ke dalam diet Anda secukupnya untuk mendapatkan manfaat maksimal. Tapi ingat, kopi dan coklat hanya akan menguntungkan Anda apabila dikonsumsi dengan cara yang benar, yakni tanpa tambahan gula, krim dan segala olahannya!”

Sumber foto: www.indiatimes.com

Baca Juga: