KabariNews – Kogi BBQ adalah nama truk taco yang menjual jajanan kaki lima ala Korean-Mexican, hasil kerjasama Mark Manguera, Caroline Shin-Manguera dan koki Roy Choi (di-rekrut dari restauran Rock Sugar, Century City Mall). Berawal dari pemikiran Mark Manguera yang konon kelaparan malam-malam mencari makanan sesuai selera, terpikirlah untuk menggabungkan makanan Korea dan Meksiko, lahirlah fusion food yang mengusung nama Kogi BBQ, mulai beroperasi sejak bulan Desember 2008. Karena unik dan baru, segera saja makanan ini mendapat perhatian tinggi dari masyarakat.  Mereka rela mengantri panjang untuk membeli fusion food ini, tercatat 500 pengunjung saat Kogi BBQ diluncurkan di UCLA Westwood. Beberapa media seperti KCAL 9, LA TIMES dan LA Weekly bahkan meliput langsung sepak terjang orang-orang Korea ini.

Karena sukses dan laris manis, Korean Tacos kemudian ditiru banyak orang, seperti supermarket-supermarket di Korean Town mulai jualan Korean Tacos.  Tertarik atas fenomena ini, beberapa minggu yang lalu, penulis mengunjungi Kogi BBQ truk yang saat itu sedang mangkal di The Golden Gopher. Walau banyak yang mengantri namun cukup tertib karena ada petugas keamanan lengkap dengan pentungan yang mengatur dan mengawasi antrian. Nah, antrian dibagi dua, yang satu antrian memesan makanan dan yang satu lagi antrian mengambil makanan. Saat memesan makanan, kita akan ditanya nama kita yang akan diteriakkan saat pesanan kita sudah siap Sambil mengantri kita akan dihibur oleh lagu-lagu pop dari radio kecil yang ada di truk. Yang mengantri di Kogi BBQ gayanya keren-keren, jadi bisa juga djadikan ajang mejeng. Tak sedikitpula yang berfoto ria atau bercanda dengan teman-temannya yang membuat suasana malam semakin hidup.

Kogi BBQ membawa kru yang cukup banyak, tercatat ada 8 orang yang bertugas malam itu. Koki Roy Choi sendiri yang melayani pembeli, sementara 6 orang kru lain mempersiapkan makanan. Ada yang memotong sayuran, memasak dan lain-lain. Oh ya, Mark Manguera juga muncul malam itu mengawasi jalannya bisnis dari mobil Honda Element warna oranye. Mark Manguera ini tampangnya serius melulu sambil mencoret-coret kertas dan sesekali
menggigit-gigit bolpennya. Kenapa tidak menggigit tacos saja ya?

Menu Kogi BBQ bermacam-macam, ada yang memaki memakai daging Short Ribs (Kalbi), Ayam, sampai Babi. Bagi yang vegetarian tersedia pula tacos dengan menu Tahu. Menu yang paling laku di Kogi BBQ adalah Korean Short Ribs tacos. Bila tak mau pakai bawang atau sayuran, tinggal bilang saja saat memesan. Harganya cukup premium untuk ukuran taco kaki lima, $2/taco, dibandingkan harga umum seporsi taco yang hanya $1/taco. Ukuran taco-nya biasa saja namun dagingnya empuk, segar dan harum.

Saat ini Kogi BBQ baru ada di Los Angeles, California. Walaupun lokasinya masih berpindah-pindah, yang pasti, Kogi BBQ selalu mangkal hari Kamis jam 5 sore di Japanese American National Museum, downtown Los Angeles, CA. Wah repot juga ya mau nyobain Kogi BBQ kalau lokasinya pindah-pindah terus. Jangan kuatir, hal ini sudah
dipikirkan oleh para pendirinya. Lewat twitter..com dan website mereka www.kogibbq.com, mereka umumkan jadwal tempat mangkal mereka yang di-update setiap minggunya.

Mereka juga menerima katering untuk berbagai even, seperti ulangtahun atau bermacam pesta. Kreatifitas dan
semangat entrepreneurship-nya patut ditiru. Yang pasti, pelayanan mereka patut diacungi jempol, selain cepat, mereka juga ramah. Saat penulis hendak pulang, tanpa disangka-sangka, sang koki menyapa dan bertanya ramah: ‘Bagaimana makanan anda? Apakah semuanya OK?’ dengan senyum ramah khas orang Asia. Oh ya, Kogi BBQ ini di hari biasa hanya berjualan sampai jam 12 malam, kalau akhir pekan sampai 2 pagi.

Lebih hebatnya lagi, Kogi BBQ ini memiliki struktur organisasi yang jelas. mulai dari Public Relations, Web Admin/ Photographer, Promotor, Brand Partnerships & Marketing, bahkan ada Business Development-nya segala.  Baru-baru ini, 02/24/2009, bertepatan dengan perayaan Mardi Gras, Kogi BBQ merayakan Grand Opening Restoran di Alibi Room, Culver City, CA. Hari itu juga Chef Roy Choi merayakan ulangtahunnya yang tetap ‘Sweet 21’.

Perayaan dihadiri ratusan orang, sampai-sampai Mark harus memanggil taco truck-nya untuk mengakomodasi animo masyarakat yang terus berdatangan memesan tacos. Chef Roy Choi terlihat sangat sibuk di dapur mempersiapkan berbagai pesanan orang. Di restoran ini menunya sangat berbeda dari yang di truk. Menu lebih beranekaragam, ada kimchi tacos, vegan tacos, hotdog tacos dan banyak lagi. Tepat jam 9 pm, semua orang
menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ untuk chef Roy Choi dan menyaksikan peniupan lilin pada 5 buah kue ulang tahun.  Kita lihat saja kejutan apa lagi yang akan dibuat Kogi BBQ di Los Angeles, CA. (teks dan foto: Olin)