KabariNews – Delegasi RI dari Kota Medan melakukan kunjungan ke Chicago dan Milwaukee dalam rangka penandatanganan kerjasama Sister City antara Kota Medan dengan Kota Milwaukee pada tanggal 28 Oktober – 3 November. Seperti dikutip dari siaran pers KJRI Chicago, Jumat, (7/10), Delegasi dipimpin oleh Walikota Medan, Bapak Dzulmi Eldin dan terdiri atas Pejabat Pemerintah Kota Medan, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan serta Asosiasi Kota Bersaudara Medan. Penandatanganan kerjasama Sister City dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2014, di Common Council Chamber, Milwaukee City Hall (30/10).

Acara dibuka oleh Joe Davis, Ketua Sister City Committee yang menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan kerjasama sister city. Pembahasan kerjasama sister city telah dilakukan sejak bulan Maret 2013, khususnya antara Sister City Committee yang diwakili oleh Alderman Joe Davis dan KJRI Chicago.



Mewakili Kota Medan, Ketua Asosiasi Kota Bersaudara Medan menyampaikan harapan agar kerjasama sister city dapat direalisasikan dalam program-program di masa yang akan datang. Sementara itu mewakili Kota Milwaukee, Executive Director Pan African Community Association (PACA), Fessahaye Mehbratu menyampaikan komitmen PACA untuk menjalin kemitraan dengan seluruh komunitas asing di AS termasuk Indonesia, terlebih mengingat perannya sebagai pelopor anti kolonialisme dalam perjuangan penentuan nasib sendiri (self-determination) bangsa Asia dan Afrika.

Walikota Milwaukee, Tom Barrett menyampaikan harapannya atas kerjasama sister city antara Kota Medan dengan Kota Milwaukee. Walikota Barett menggarisbawahi perlunya saling pengertian dan pemahaman terhadap komunitas dengan kultur yang berbeda, sehingga kerjasama sister city merupakan perwujudan keinginan Kota Milwaukee untuk menjalin hubungan dengan kota-kota lain di dunia dan meningkatkan mutual understanding dengan kota-kota tersebut.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin selanjutnya mengatakan  keyakinannya bahwa kerjasama sister city antara Kota Medan dengan Kota Milwaukee dapat terwujud di berbagai bidang antara lain bisnis, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, budaya, lingkungan serta perdagangan dan investasi. Diharapkan kerjasama sister city tersebut dapat membantu mewujudkan kota Medan yang lebih berdaya saing dan sejahtera. Walikota Eldin juga menyampaikan berbagai potensi Kota Medan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja guna mewujudkan kerjasama sister city tersebut antara lain pihak Kota Milwaukee melalui Alderman Joe Davis dan KJRI Chicago.



Dalam kunjungan Delegasi dari Kota Medan, telah pula diagendakan berbagai pertemuan antara lain pertemuan dengan pejabat pemerintah Kota Milwaukee; kelompok asosiasi dunia usaha Kota Milwaukee, Metropolitan Milwaukee Association of Commerce (MMAC); dan dengan pihak University of Wisconsin in Milwaukee (UWM).

Diharapkan kerjasama sister city antara Kota Medan dan Kota Milwaukee dalam bentuk Agreement tersebut dapat ditindaklanjuti dalam bentuk program kegiatan yang nyata dan dapat menguntungkan bagi kedua Kota. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72409

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie