Jakarta, KabariNews.com – Kapal Latih Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Dewaruci kembali menjelajahi kawasan Eropa.

Selain untuk memperkenalkan hubungan militer antar negara-negara kepada para kadetnya, misi pelayaran kali ini juga untuk turut serta mengikuti lomba kapal layar tiang tinggi internasional.

Kapal yang dikomandani Letkol Laut (P) Suharto ini rencananya akan berlayar selama sembilan bulan dengan nama operasi muhibah Kartika Jala Krida.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, pada hari Rabu (31/3), Kadispen TNI AL Kolonel Laut (P) Herry Setianegara menjelaskan bahwa KRI Dewaruci rencananya akan mengikuti lima lomba, yakni The Historical Seas Tall Ships Regatta dari Volos (Burgaria) ke Lavrion (Yunani), The Tall Ships Race 2010 in Aalborg dari Aalborg (Denmark) ke Norwegia lalu finis di Hartepool (Inggris), Sail Amsterdam Festival di Amsterdam (Belanda), Sail Bremerhaven Festival di Bremerhaven (Jerman), serta Festival Internationale Mediterraneo E Velieri di Cagliari (Italia). 

Ia juga menegaskan bahwa saat ini kapal KRI Dewaruci telah berada di kawasan Samudera Hindia menuju Cochin, India.

Selain mengikuti lomba tersebut, Kolonel Laut (P) Herry Setianegara juga menjelaskan bahwa operasi kapal Dewaruci ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para kadet angkatan laut mengenai hubungan diplomasi antar angkatan laut di seluruh negara, serta membantu memperkenalkan Indonesia khususnya di sektor pariwisata dan budaya di mancanegara.

Kapal ini akan singgah di lebih 25 negara di Eropa dan akan menyuguhkan kesenian asli Indonesia seperti tarian Rampak Gendang asal Jawa Barat, Tarian Saman dari Aceh, Tarian Kecak asal Bali, Tarian Badinding asal Sumatera, Reog asal Ponorogo, hingga seni beladiri Merpati Putih.

Keberangkatan KRI Dewaruci menjelajahi benua Eropa kali ini akan membawa  88 orang Anak Buah Kapal (ABK) , serta Kadet AAL 88 orang.

Rute yang akan dilintasi KRI Dewaruci adalah Surabaya-Jakarta-Sabang-Cochin (India)-Salalah (Oman)-Jeddah (Arab Saudi)-Portsaid (Mesir)-Volos (Yunani)-Varna (Bulgaria)-Istambul (Turki)-Lavrion (Yunani)-Tunisia-Algiers (Aljazair)-Malaga (Spanyol)-Cherbourg (Perancis)-Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)-Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris)-Brest (Perancis)-Amsterdam (Belanda)-Brernerhaven (Jerman)-Cadiz (Spanyol)-Cagliari (Italia)-Alexandria (Mesir)-Jeddah (Arab Saudi)-Aden (Yaman)-Mumbay (India)-Colombo (Sri Langka)-Belawan-Jakarta- dan kembali ke Koarmatim, Surabaya.

Dalam pelayarannya, agenda festival yang akan diikuti KRI Dewaruci diantaranya adalah 12 Mei – 4 Juni mengikuti The Historical Seas Tall Ships Regatta 2010 dengan route: Yunani-Bulgaria-Istambul (Turki). Pada tanggal 13 Juli-7 Agustus 2010 mengikuti The Tall Ships Race 2010 dengan route: Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)-Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris). Pada tanggal 20-23 Agustus mengikuti festival Sail Amsterdam di Belanda. Pada tanggal 25 – 29 Agustus 2010 mengikuti Sail Brernerhaven 2010 di Jerman. Kemudian pada tanggal 8 – 13 September 2010 mengikuti Festival International Mediferraneo And Velieri di Cagliari (Italia).

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34720

Untuk

melihat Berita Indonesia / Khusus lainnya,
Klik

disini

Klik disini
untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai
dan komentar di bawah
artikel ini

______________________________________________________

Supported

by :