Judul Buku : Lagak Jakarta: 100 ‘Tokoh’ yang Mewarnai Jakarta
Penulis / Kartunis : Benny Rachmadi & Muhammad Misrad
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta
Cetakan : Januari 2008
Tebal : 160 Halaman

Membaca judulnya, Lagak Jakarta: 100 Tokoh yang Mewarnai Jakarta, tentu yang terbayang adalah tokoh-tokoh terkenal seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, atau artis-artis Ibukota. Padahal, tokoh-tokoh yang dimaksud adalah para korban banjir, tukang ojek, nenek-nenek pengajian, pedagang kerak telor, preman, timer, banci lampu merah, hansip, pengurus kuburan, maling besi, penjual VCD bajakan sampai kucing kampung !

Dengan cerdasnya, Benny Rachmadi dan Muhammad Misrad (biasa dipanggil Beny danMice) penulis sekaligus kartunis buku ini mengungkap tokoh-tokoh paling realis penyemarak kota Jakarta. Tengoklah sudut-sudut kota Jakarta,maka tokoh-tokoh tersebut dengan mudahnya kita temui.

Yang menarik dari buku ini adalah para tokoh tersebut dikemas dalam karikatur lucu dan dengan deskripsi yang benar-benar kocak, satir namun cerdas. Meski isinya didominasi oleh karikatur, tetapi Benny & Mice mencoba mendeskripsikan tokoh-tokoh tersebut dengan unik dan dijamin mengundang tawa pembaca.

Bukan itu saja, buku ini juga menyelipkan beberapa cerita yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari, seperti seorang pengemis yang menggunakan akal cerdik demi mendapatkan uang. Ada pula penipuan-penipuan yang kerap terjadi dijalanan. Cerita-cerita dalam buku ini sungguh menohok.

Benny dan Mice adalah duo kartunis yang gambar-gambarnya selalu tampil dikomik strip berjudul “Benny & Mice” di harian Kompas setiap hari minggu. Ide-ide mereka selalu segar dan menggelitik serta kerap menyentil masalah-masalah sosial dengan segala gejalanya. Komik stripini cukup menarik perhatian, apalagi dua tokoh dalam “Beny & Mice”ini digambarkan sebagai sosok pemuda kocak, sok tahu, tengil, tapi juga pantang menyerah. Selain buku 100 ‘Tokoh ‘Jakarta Yang Mewarnai Jakarta, Benny & Mice telah menerbitkan buku Lagak Jakarta Edisi koleksi Jilid I & II yang berisi kumpulan karikatur mereka dari tahun 1997 – 2007.

Lagak Jakarta: 100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta merupakan buku yang patut dinikmati. Selain menghibur, buku ini mengajak kita untuk melihat mereka yang selama ini ada di sekitar kita tapi seolah terlupakan. (Chika)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31203

Untuk melihat Berita Indonesia / Buku lainnya, Klik disini

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Mei 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket