Lebih dari 50 juta orang Amerika diperkirakan akan melakukan perjalanan untuk liburan akhir pekan menyambut Hari Kemerdekaan AS yang jatih pada tanggal 4 Juli.

Menurut AAA Travel, secara total  50,7 juta orang Amerika akan melakukan perjalanan 50 mil atau lebih selama periode liburan dari Jumat, 30 Juni hingga Selasa, 4 Juli. Jumlah ini lebih dari rekor 4 Juli sebelumnya dimana 49 juta pelancong bepergian pada 2019, dengan 2,1 juta lebih banyak  dari 2022.

“Kami tidak pernah memproyeksikan jumlah perjalanan setinggi ini untuk akhir pekan Hari Kemerdekaan,” kata Paula Twidale, wakil presiden senior AAA Travel, dalam sebuah pernyataan.

“Data Ini memberitahu kita bahwa meskipun persediaan terbatas dan beberapa harga 50% lebih tinggi, konsumen tidak mengurangi perjalanan musim panas ini. Banyak dari mereka memesan lebih awal, tanda lain dari permintaan perjalanan yang kuat.”

Sebagian besar akan berangkat dengan 43,2 jutanya diperkirakan akan berkendara ke tujuan mereka. Bagi para yang bepergian,  waktu adalah kuncinya dimana  hari tersibuk di jalan adalah Jumat, 30 Juni, ketika waktu perjalanan rata-rata akan naik hampir 30 persen. Hal ini terutama berlaku di area metro utama seperti Boston, Seattle, dan Washington DC.

Sebagai alternatif, hari terbaik untuk bepergian adalah Minggu, 2 Juli, dan Senin, 3 Juli. Wisatawan yang berniat mengemudi pada hari libur akhir pekan lainnya sebaiknya mempertimbangkan untuk berangkat pada pagi hari atau setelah pukul 6 sore untuk menghindari lalu lintas yang buruk.

Para pelancong juga berencana untuk terbang dalam jumlah rekor dengan 4,17 juta orang Amerika  melakukan penerbangan. Angka ini adalah peningkatan 11,2 persen dibandingkan tahun lalu dan peningkatan 6,6 persen dibandingkan dengan 2019.

Prediksi tersebut muncul karena harga tiket pesawat domestik untuk liburan akhir pekan 4 Juli telah turun 27 persen dibandingkan tahun lalu bahkan saat perjalanan internasional masih sangat tinggi.

Rata-rata penerbangan domestik pulang pergi untuk liburan akhir pekan sekarang berharga $300 — atau $100 lebih murah dari waktu yang sama tahun lalu tetapi penerbangan ke Eropa terus menjadi yang tertinggi dalam setidaknya lima tahun.

Selain mengemudi dan terbang, berlayar kembali ke tingkat pra-pandemi dengan kapal pesiar ke Alaska sangat diminati. Secara total, 3,36 juta orang diperkirakan melakukan perjalanan dengan kapal pesiar, bus, atau kereta api selama liburan akhir pekan, meningkat 24 persen dibandingkan tahun 2022.

Sumber foto: spine-health.com

Baca juga: