Dalam perhelatan tahunan yang ke-92, ajang Piala Oscar 2020 kembali menorehkan lembaran sejarah baru dalam perjalanan perfilman dunia:

Parasite (dok. CJ Entertainment)

• Parasite menjadi film berbahasa asing (non-Inggris) pertama yang berhasil keluar sebagai pemenang dalam kategori Best Picture. Film yang mewakili Korea Selatan ini juga menyabet kemenangan dalam kategori Best Director, Best Original Screenplay dan Best International Feature. Dengan demikian, Parasite meraih kemenangan terbanyak dalam perhelatan Piala Oscar 2020. Melalui kemenangan tersebut, Bong Joon Ho juga menyamai rekor yang disandang oleh Walt Disney sejak tahun 1953 dalam kategori Oscar terbanyak yang dimenangkan oleh seseorang dalam sebuah gelaran Academy Awards.

• Dengan 24 nominasi, Netflix meraih nominasi terbanyak dalam ajang Academy Awards tahun ini. Dengan demikian, Netflix juga menjadi perusahaan streaming pertama yang memimpin perolehan nominasi Oscar. Namun, perusahaan pimpinan Reed Hastings ini harus puas dengan 2 kemenangan saja, masin-masing dalam kategori Best Supporting Actor (Laura Dern) dan Documentary Feature (American Factory).

Netflix

• Kemenangan Brad Pitt dalam kategori Best Supporting Actor dari aktingnya sebagai Cliff Booth dalam film Once Upon A Time In Hollywood menambah koleksi piala Oscar yang dimilikinya. Enam tahun yang lalu, Brad juga berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori Best Picture sebagai produser film 12 Years A Slave. Dengan demikian, piala Oscar kali ini merupakan kemenangannya yang pertama dalam kategori akting.

Brad Pitt (AP)

• Melalui film karyanya yang berjudul Jojo Rabbit, Taika Waiti berhasil meraih anugerah Academy Awards dalam kategori Best Adapted Screenplay. Dengan demikian, ia merupakan orang keturunan suku Maori pertama yang berhasil menyabet piala Oscar.

• Penyunting suara kenamaan Alan Robert Murray kembali mendapatkan nominasi piala Oscar, kali ini untuk karyanya dalam film Joker. Alan kini memegang rekor nominasi terbanyak dalam kategori Best Sound Editing dengan total 10 nominasi.

• Setelah sempat absen dari nominasi Oscar selama 6 tahun, Martin Scorsese kembali meraih nominasi dalam kategori Best Director untuk karyanya dalam film The Irishman. Dengan total 9 nominasi dalam kategori Best Director, ia kini menyandang rekor nominasi Oscar terbanyak untuk sutradara yang masih hidup.

Joker (dok. Warner Bros)

• Komposer musik John Williams hampir tidak pernah absen dalam nominasi piala Oscar. Tahun ini, ia kembali dinominasikan dalam kategori Best Original Music untuk musik gubahannya dalam film Star Wars: The Rise of Skywalker. Dengan total 52 nominasi Oscar selama berkarya di industri perfilman, John memegang rekor nominasi Oscar terbanyak untuk seorang seniman yang masih hidup.

• Ketika menerima penghargaannya untuk Best Supporting Actress untuk aktingnya dalam film Marriage Story, Laura Dern menjadi aktor pertama yang berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori akting dari sebuah film yang diproduksi oleh Netflix.

Taika Waititi (dok. AP)

• Ketika Hair Love diumumkan sebagai pemenang Oscar dalam kategori Best Animated Short Film, sutradara Matthew A. Cherry menjadi atlet kedua setelah Alm. Kobe Bryant yang pernah memenangkan Oscar. Keduanya menang dalam kategori yang sama.

• Ketika aktor film Peanut Butter Falcon Zack Gottsagen naik ke atas panggung dengan lawan mainnya aktor kondang Shia LaBeouf, Zack menjadi presenter pertama dengan sindrom Down dalam sejarah perhelatan Oscar.