KabariNews – Indonesia mempunyai aneka macam masakan, salah satu diantaranya adalah sayur lodeh. Meski sederhana sayur berkuah bersantan ini rasanya menggugah selera. Konon, dinamakan sayur lodeh karena komposisinya terdiri dari beragam sayuran. Labu siam, kacang panjang, wortel, kubis, buah melinjo, nangka, dan terong dimasak jadi satu dengan bumbu dan terakhir diberi santan. Namun di Jember, Jawa Tengah, ada lodeh yang menggunakan bahan utama jantung pisang  atau lebih dikenal dengan ontong pisang.

DSCN6969Di tangan Anna, seorang pedagang lodeh ontong, warga Jalan Sentot Prawirodirjo, Desa Talangsari, Kecamatan Kaliwates, Jember. Ontong pisang diolah menjadi sayur lodeh yang membuat selera makan semakin bertambah. Bahan utama yang digunakan adalah jantung pisang kepok merah atau alternatif lain jantung pisang klutuk (buah pisang yang banyak bijinya).

Ada alasan mengapa harus memanfaatkan jantung pisang kepok merah atau pisang klutuk. Bu Anna menuturkan, jika memakai selain kedua jenis jantung pisang tersebut, hasilnya akan berwarna ungu dan kurang menarik. Selain itu rasanya akan menjadi pahit.

DSCN6971“Kalau tidak ada dua jenis ontong pisang tadi, lebih baik gak usah masak. Selain hasilnya kurang bagus, rasanya juga pahit. Kalau ontong pisang kepok merah atau ontong pisang klutuk berwarna putih dan manis rasanya jika sudah dimasak”, tutur  bu Anna.

Selanjutnya bu Anna memberikan tips, bagaimana cara membedakan jantung pisang kepok merah atau jantung pisang klutuk dengan jenis jantung pisang lainnya. Jenis jantung pisang kepok merah atau jantung pisang klutuk, jika kelopaknya dikupas, dipangkal buahnya akan terlihat warna putih, berbeda dengan jenis jantung pisang lainnya berwarna hitam.

“Jadi kita tidak bisa dikelabui, karena perbedaan itu sudah secara alami. Biasanya banyak pedagang yang ingin mencari keuntungan dengan cara mengelabui” katanya.

Ditanya, bagaimana cara memasaknya? Dengan senang hati bu Anna menjelaskan resep cara memasak Lodeh Ontong. Langkah pertama, ontong yang sudah dipilih, dikupas dan dibelah kelopaknya, diambil inti ontongnya yang berwarna putih dan empuk. Jika masih ada inti ontong yang berwarna ungu harus dibuang.

Selanjutnya ontong pisang dibelah jadi beberapa bagian, lalu direbus dengan garam secukupnya untuk menghilangkan getah supaya rasanya tidak sepat (getir). Rebus sebentar sekitar 10 menit atau kira-kira sampai ontong sudah benar-benar empuk (jangan sampai hancur), kemudian tiriskan.

Langkah berikutnya menyiapkan bumbu yang terdiri dari, kemiri, bawang putih, kencur, cabai rawit, cabai merah, gula pasir, dan daun jeruk. Goreng semua bahan bumbu dengan sedikit minyak. “Awal bumbu yang digoreng harus bawang putih dulu, kemudian setelah setengah matang, masukan kemiri dan bumbu lainnya” kata bu Anna, saat di temui Kabari di warungnya yang ramai pembeli.

Haluskan bumbu-bumbu yang telah digoreng, sisihkan. Agar aroma dan rasanya lebih sedap, sisakan separuh daun jeruk untuk dicampurkan pada perasan santan.

Tahap selanjutnya, masak santan dan sisa daun jeruk hingga mendidih, supaya santan tidak pecah, saat dimasak aduk santan sampai mendidih. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Jika sudah mendidih, masukkan ontong pisangnya, masak kembali hingga mendidih, setelah itu tambahkan gula pasir secukupnya, aduk sampai larut. Gula pasir bermanfaat sebagai penyedap alami. Apakah perlu ditambahkan garam? Proses perebusan otong pisang sejak awal sudah diberi garam, namun jika dirasa kurang asin, boleh ditambahkan garam sesuai selera. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

Warung lodeh ontong Bu Anna memang terbilang sederhana, namun jangan salah, peminatnya luar biasa. Bu Anna tak perlu menunggu lama untuk menghabiskan dagangannya. Katanya, hanya dalam waktu 2 jam saja, lodeh ontongnya sudah habis diserbu pembeli. Tak hanya lodeh ontong saja, Bu Anna juga menyediakan makanan tradisional lainnya seperti serabi betulo, panganan tradisional ini pun selalu habis terjual.

Sayur lodeh ontong menjadi salah satu masakan tradisional unik yang tidak banyak orang bisa mengolahnya. Seperti dikatakan Bu Anna, jika salah mengolahnya, sayur akan terasa getir atau pahit saat disantap. Tapi tidak dengan lodeh olahan Bu Anna, sayur lodeh dengan kuah kental santan jadi favorit pelanggan. Paling enak makan lodeh ontong dengan lauk ikan asin dan sambal. Mantap!