Kabari News –   Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, pada tanggal 24 November 2015, mengadakan Buyers Appreciation Night dalam rangka penganugerahan Primaduta Award 2015 kepada empat importir AS di Los Angeles. Primaduta Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia ke pasar global dan guna membangun loyalitas dan jejaring kerja yang kuat antara buyer dengan eksportir Indonesia.

“Penghargaan Primaduta ini adalah usaha tepat dan penting bagi Pemerintah Indonesia, guna mengapresiasi loyalitas dan komitmen para importir internasional dalam melakukan bisnis dengan Indonesia.” ujar Konsul Jenderal RI Los Angeles, Umar Hadi. “Apresiasi ini diharapkan juga mampu menjadi stimulus meningkatkan ekspor Indonesia ke AS dan hubungan dagang yang terjalin dapat terus dibina secara berkesinambungan,” tambahnya.

Hubungan baik dengan perusahaan importir di AS telah ditingkatkan dengan program “door-to-door marketing” Konsul Jenderal RI Los Angeles selama tahun 2014-2015. “Berbagai upaya dan inovasi untuk peningkatan ekspor akan terus dilakukan karena Los Angeles merupakan pintu gerbang utama masuknya produk ekspor Indonesia ke AS,” jelas Umar Hadi.

Keempat importir AS peraih Primaduta Award yang merupakan nominasi dari KJRI LA dan Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles, yaitu Dream Apparel (importir produk apparel), Papermax USA Inc. (importir kertas), Solaris Paper (importir produk kertas/tisu), dan Takari International (importir produk makanan dan minuman). Keempat perusahaan tersebut memperoleh Primaduta Award secara langsung dari Konsul Jenderal RI Los Angeles pada acara Buyers Appreciation Night ini yang dihadiri oleh para pelaku usaha, perwakilan Pemerintah AS, Indonesia America Business Council, LA Port dan para jurnalis. Acara yang dilaksanakan di Konsulat Jenderal ini dihadiri lebih dari 50 orang dengan menyajikan makanan khas Indonesia.

Importir dan pelaku usaha di AS menyambut baik pelaksanaan Buyers Appreciation Night yang dilakukan oleh KJRI LA. Mr. Hak Lee, President dan CEO Dream Apparel menyampaikan, Acara seperti ini perlu terus dilakukan sebagai salah satu sarana untuk membangun networking antara pelaku usaha di LA Greater Area, Pemerintah Indonesia, dan Pemerintah AS.” Tidak hanya itu, dia menambahkan dengan adanya penghargaan dan malam apresiasi ini akan memberikan semangat ekstra kepada para importir untuk meningkatkan bisnisnya dengan Indonesia. Dream Apparel saat ini mengimpor pakaian anak-anak dan dewasa dari Indonesia untuk didistribusikan ke jaringan retail ternama di AS seperti Walmart, JC Penney, dan Kohl’s.

Primaduta Award tahun ini memasuki tahun kedua, dimana 210 importir dari seluruh dunia dilakukan penilaian dan menghasilkan 60 importir terbaik dari 22 negara. Penyerahan Primaduta Award sendiri telah dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada para Perwakilan Pemerintah Indonesia di Luar Negeri pada saat pembukaan gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke 30, tanggal 21 Oktober 2015, di Jakarta. (1014)