KabariNews – Mahasiswa UI berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi International Genetically Engineered Machine (iGEM) di Boston (USA). Tim dari UI memperoleh medali emas dalam kategori Undergraduate di bidang Health & Medicine.

Seperti dikutip ui.ac.id, Jumat, (7/11), Tim UI membawa proyek penelitian yang diberi nama “Mission I[GE]MPOSSIBLE: Vibrio Espionage”. Penelitian tersebut dilakukan dengan merekayasa strain bakteri Eschericia coli menjadi sebuah sistem biologis, sehingga mampu mendeteksi keberadaan bakteri penyebab kolera (Vibrio cholerae), mendegradasi biofilm yang melindungi koloni bakteri tersebut, dan akhirnya mampu membunuh bakteri tersebut beserta dirinya sendiri. Proyek ini dapat dioaplikasikan baik di dalam tubuh manusia maupun di reservoir air tempat kolera tersebut berkembang dan menyebar.



Tim iGem 2014 terdiri dari mahasiswa-mahasiswa lintas fakultas, yaitu Siska Yuliana (FMIPA), Anggoro Wiseso (FT), Yuda Sugiarta (FK),  Etri Dian (FT), Vanessa Geraldine (FT), Diana Christina (FT), dan Robby Hertanto (FK), dan dibimbing oleh Dr. Ir. Muhamad Sahlan, M.Eng., Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK (K), Drs. Abinawanto, M.Si, dan Drg. Endang Winiati Bachtiar, MBiomed, Ph.D. Tim tersebut juga dibantu olehdosen dan  alumni tim iGEM UI 2013 yaitu M. Hanifi (FK), Dwiantari S. (FT), Taufik A. (FT), M. Teguh (FT), dan A. Danny G. (FMIPA).

International Genetically Engineered Machine (iGEM) ini adalah kompetisi biologi sintetis di seluruh dunia yang awalnya ditujukan untuk mahasiswa sarjana, tetapi diperluas untuk mencakup divisi untuk siswa SMA, pengusaha, dan laboratorium masyarakat, serta overgraduates. Dalam kompetisi iGEM 2014 diikuti oleh lebih dari 200 tim yang berasal dari universitas terkemuka berbagai negara di dunia. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72412

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :