KabariNews – Di depan Gapura Candi bentar di area Makam Agung Raja Madura Barat ada petunjuk papan sederhana menunjukan siapa-siapa yang berbaring dimakam agung dinasti Keraton Bangkalan. Di makam inilah sesungguhnya titik awal sejarah peralihan raja Bangkalan dari Hindu ke Islam. Di lingkungan makam Agung tidak banyak orang tahu bahwa makam ini mengandung misteri baik yang kelihatan maupun yang tak kelihatan.

Beberapa arkeolog telah menemukan situs yang secara fisik dirahasiakan karena bagian dari artefak bernilai sejarah tinggi. Atau mungkin bagian-bagian dari situs tidak diketahui atau dikenali para ahli, karena hampir seluruh situs arkeolog yang ditemukan di area makam ini telah dipindahkan ke museum Kabupaten Bangkalan.

Dari sekian nama raja yang melegenda, dikenang dan terkenal dikalangan masyarakat Madura adalah Pangeran Islam Unggok. Ada misteri dan peristiwa yang membawa nama ini dikenang sampai saat ini. Masyarakat pesisir maupun pedalaman sangat kenal nama ini. Apakah ada kaitan kata Islam dan unggok?

Baca artikel selengkapnya di Kabari Digital