KabariNews – Kurang dari sebulan bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus. Berbagai persiapan tengah dilakukan pemerintah untuk menyambut HUT RI ke 71 tahun, salah satunya meluncurkan logo resmi peringatan HUT RI ke 71. Tampilan logo didesain lebih sederhana namun sarat dengan makna. Tambahan teks ‘Indonesia Kerja Nyata’ pada logo berwarna merah putih itu menegaskan kesinambungan pemerintah. Logo peringatan HUT RI ke-71 tahun secara resmi telah dirilis pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara yang diunggah di situsnya www.setneg.go.id pada 25 Mei 2016 lalu.

Makna Logo HUT RI ke 71th

Dilansir dari Kemendikbud.go.id,  logo peringatan HUT RI 71 tahun ini memiliki arti yang berkesinambungan dengan pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Logo digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Desain ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukkan Indonesia. Angka 1 didesain miring  menembus bidang lingkaran mengarah ke atas, merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber’satu’ bahu membahu bekerja menembus segala jaringan.

Penampilan logo resmi HUT RI ke 71 tahun ini memang nampak sederhana, namun dibaliknya terselip makna yang selaras dengan pemerintahan saat ini, yaitu mengendepankan pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas, transparan, informatif dalam seluruh kerja nyatanya.

Siapakah dibalik pembuatan logo?

Aditya yogaDia adalah Aditya Yoga, pria dibalik lahirnya logo HUT RI ke 71 tahun. Terpilihnya logo resmi rancangan Adit berawal saat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meminta Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) untuk membuat logo HUT RI ke 71. Adit yang kebetulan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ADGI membentuk tim yang terdiri dari enam orang, masing-masing membuat logo sebagai alternatif. Dari tim yang dibuat ADGI,  beruntung logo karya Aditya yang dipilih Istana sebagai logo resmi yang akan digunakan pada peringatan HUT RI tahun ini.

Dilansir dari blog pribadi Adityayoga (brutalator.wordpress.com), pria kelahiran Jakarta 30 April 1980 ini  adalah lulusan desain grafis Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Saat ini ia bekerja menjadi desainer grafis dan fotografer lepas. Dan ternyata bukan kali ini saja ia tertarik dengan konsep ‘Indonesia’. Berbagai karya desain yang menggambarkan tentang Indonesia telah dituangkannya melalui www.hidupindonesiaraya.com sejak 2008.

Pernah melihat logo I LOVE RI, dimana kata Love diganti dengan burung garuda (lambang negara)? Logo tersebut merupakan salah satu karya adit yang dipasarkan juga melalui situs www.hidupindonesiaraya.com, berbagai desain lainnya yang menggambarkan Indonesia juga menarik. Tak hanya t-shirt dan kaos polo, beberapa merchandise seperti tas, kalender, buku pun didesain dengan tema Indonesia. Mari cintailah produk dalam negeri!