KabariNews – Umumnya mentega digunakan sebagai pelengkap untuk membuat kue dan masakan. Tapi tahukah Anda, mentega juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan? Di balik mentega ada khasiat yang bisa didapatkan, salah satunya untuk perawatan kecantikan. Selain mampu melembutkan dan melembabkan kulit, mentega juga bisa membuat tampilan kulit wajah lebih bersih dan menyamarkan noda hitam pada wajah

Masker pelembab wajah

mentega untuk maskerDalam mentega terkandung vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk menutrisi kulit, yaitu vitamin A dan lemak jenuh yang berkhasiat menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat dan flek hitam. Umumnya penggunaan mentega dilakukan untuk pemakaian luar, seperti masker. Perawatannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan mentega pada wajah yang sudah dibersihkan. Oleskan merata, lalu diamkan beberapa saat, kemudian bersih dengan handuk  (yang sudah direndam air hangat) sampai permukaan wajah bersih. Bilas lagi dengan air bersih. Pastikan tidak ada bahan yang tersisa atau masih menempel. Cara ini bisa dilakukan dua minggu sekali selama 20 menit.

Kembalikan rona bibir alami

masker bibirMentega juga dipercaya dapat mengembalikan warna bibir alami. Terlalu sering menggunakan lisptik memungkinkan bibir berwarna lebih gelap. Karena tanpa disadari, pulasan lipstik setiap hari memudarkan warna alami bibir. Ingin mengembalikan warna alaminya? Lakukan dengan perawatan mentega. Mudah saja, oleskan mentega pada bibir, diamkan hingga beberapa jam. Perawatan ini lebih efektif dilakukan menjelang tidur dan dibersihkan pada pagi harinya. Jika rutin dilakukkan, bibir akan terasa lebih lembab dan lebih merona alami.

Mengatasi rambut kering

masker mentega rambut keringBagi Anda yang punya masalah dengan rambut kering dan mengembang atau biasa disebut dengan rambut singa (mengembang tak beraturan), cobalah perawatan menggunakan mentega. Nutrisi pada mentega dapat dimanfaatkan untuk ‘menjinakkan’ rambut kering Anda dengan melembabkan bagian akar hingga ujung rambut. Caranya mudah, lelehkan  3-5 sendok makan mentega, dinginkan. Setelah dingin oleskan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan beberapa saat (kira-kira 1-2 jam), kemudian bilas dengan sampo hingga bersih. Ulangi sampai benar-benar bersih.

Masker mata

Mata lelah, kurang tidur menyebabkan mata sembab dan berkantung atau disebut juga mata panda. Mudah saja mengembalikan mata segar seperti sedia kala. Bahannya 1 sendok mentega tawar + 1 buah stroberi + 1 iris mentimun. Haluskan semua bahan sampai menjadi pasta. Oleskan pada area mata, diamkan beberapa saat (30 menit) lalu bilas. Masing-masing bahan mampu memberi nutrisi area mata, yakni mentega melembabkan area mata, mentimun menyegarkan, sedang stroberi berkhasiat mengencangkan area mata sehingga meminimalis munculnya keriput. Bye mata panda!

Alasan kenapa mentega baik untuk kulit? Dalam mentega terkandung nutrisi pelembab dan pelembut susu yang berkhasiat melembabkan kulit wajah. Mentega dikenal sebagai makanan sumber lemak, karena bahan dasar mentega adalah lemak yang berasal dari susu hewan.

Beberapa cara diatas  mudah dipraktekkan, karena itu luangkan waktu Anda dan nikmati waktu senggang untuk membuktikannya. Selamat mencoba!

**Cara membedakan mentega dengan margarin :

mentega vs margarinBanyak orang masih belum begitu tahu bagaimana membedakan mentega dengan margarin. Keduanya memang nampak serupa, tapi dengan melihat teksturnya sebenarnya berbeda. Hal pertama yang bisa dibedakan adalah warna. Warna mentega dan margarin berbeda, mentega berwarna kuning pucat sementara margarin berwarna lebih kuning. Aromanya pun berbeda, mentega lebih harum dibandingkan margarin. Perbedaan lain, mentega lebih cepat meleleh jika disimpan dalam suhu ruangan, itu juga alasan kenapa setelah dibuka mentega lebih aman disimpan di dalam lemari es, sedangkan margarin lebih tahan lama, bisa disimpan pada suhu ruangan yang tidak terpapar sinar matahari.