KabariNews – Menjadi tua adalah proses yang tidak dapat dihindari, namun ada beberapa cara untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Ternyata tidak sulit mendapatkannya. Banyak bahan alami di dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kayu manis, asam Jawa, kunyit, temulawak, dan bawang putih di antaranya, dapat diandalkan!

Kayu Manis

Kayu ManisKayu manis tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan komedo. Bagaimana cara memakainya? Gunakan bubuk kayu manis sebagai masker. Pembuatan masker kayu manis sangat mudah: siapkan 1 sendok makan bubuk kayu manis, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan susu cair.
Campurkan menjadi satu, aduk rata sampai menjadi pasta. Oleskan ke semua bagian wajah, diamkan selama 15 menit sampai masker mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan masker kayu manis rutin 3 kali seminggu. Perawatan dalam jangka panjang efektif mencegah kulit kusam dan kerutan.

Asam Jawa

Asem JawaBuah asam mengandung bermacam vitamin, antioksidan, karoten dan juga mineral seperti magnesium dan potassium. Asam dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk menyehatkan dan meremajakan kulit. caranya, rendam 50 gram daging buah asam dengan 100 ml air panas selama 10 menit, kemudian saring. Gunakan ampas daging asam sebagai masker, oleskan pada kulit yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15 menit. Cuci bersih. Lakukan perawatan rutin 2 kali seminggu dan dapatkan kulit cerah dan lebih sehat. Masker asam juga bermanfaat mengencangkan wajah, mengangkat sel kulit mati sehingga bebas dari kulit kusam.

Kunyit

KunyitKunyit mengandung bahan antiseptik yang cocok untuk mencegah peradangan pada jerawat atau luka. Selain itu kunyit berkhasiat untuk menghilangkan ruam-ruam dan gatal. Buatlah pasta dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan merata pada wajah, biarkan selama beberapa menit. Sementara itu, kombinasi jeruk nipis dan kunyit ini selain dapat memutihkan wajah secara alami, juga menjadi antipenuaan dini.

Temulawak

TemulawakTemulawak efektif mengatasi keriput akibat penuaan. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, lakukan langkah berikut. Campur 2 sendok makan bubuk temulawak dengan 1 sendok makan tepung beras yang sudah digiling, 1 sendok susu dan 1 sendok jus tomat. Campurkan semua bahan, aduk rata. Pakailah masker temulawak ini pada wajah, diamkan 15 menit sampai wajah terasa kencang, lalu bilas sampai bersih.

Bawang putih

Bawang PutihBawang putih mengandung antibiotik alami yang diyakini dapat membunuh kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Di dalamnya juga terkandung zat organsulfur yaitu allicin yang berkhasiat melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit wajah.
Siapkan dua siung bawang putih yang sudah dicuci bersih, lalu haluskan. Oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit sampai mengering, lalu bersihkan. Jika Anda tidak suka dengan aroma bawang putih yang menyengat, padu dengan beberapa tetes madu. Lakukan perawatan rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Masker Trio untuk Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Masker MentimunTerlalu banyak bermandi sinar matahari kerap membuat kulit terbakar. Perhatikan saja, ketika berlibur, asik bermain di pantai tiba-tiba kulit jadi kemerahan dan tersengat matahari. Buat ‘Masker Trio’ terdiri dari mentimun, peterseli dan lidah buaya!

Mentimun mengandung ascorbic acid dan caffeic acid yang dapat melindungi kulit dari inflamasi (terbakar). Mentimun juga ber-pH sesuai dengan kulit manusia, jadi bisa membantu menyeimbangkan kembali pH kulit yang rusak.

Sedangkan peterseli mengandung penyejuk alami yang dilengkapi vitamin dan mineral untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Dan kandungan betakaroten, vitamin C, vitamin E dan salicylic acid pada lidah buaya diakui ampuh mengatasi masalah kulit.

Nah, lakukan perawatan 3 kali seminggu untuk mengembalikan kulit Anda yang sempat terbakar sinar matahari. Masker ini cocok untuk segala jenis kulit. Bagaimana cara membuat ‘Masker Trio’ ini?

  • Siapkan bahan-bahannya, yaitu ½ bagian mentimun (cuci bersih), 1 genggam peterseli segar, dan 3 sendok makan getah lidah buaya.
  • Haluskan semua bahan dengan blender. Tidak perlu menambahkan air. Setelah semua bahan halus, simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  • Aplikasikan masker yang sudah dingin pada bagian kulit yang terbakar.
  • Diamkan selama 15 menit, bersihkan dengan handuk basah, lalu bilas bersih. Selamat mencoba! (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79712

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1