KabariNews – Filosofi perantau adalah menikmati masa tua di kampung halaman setelah sukses di rantauan. Tetapi tidak sedikit yang justru bekerja dan menabung di tanah rantau untuk  membuka usaha di kampung halaman.

Bila anda termasuk yang terakhir, apa anda sudah punya rencana mau membuka usaha apa di tanah air?

Berikut adalah jenis usaha yang saat ini sedang bagus iklimnya di Indonesia.

1. Warnet

Membuka warnet di Indonesia adalah peluang usaha yang cukup menguntungkan. Masyarakat Indonesia yang relatif belum memiliki akses luas ke internet justru merupakan peluang pasar. Dengan dana berkisar 60 juta rupiah, anda sudah bisa membuka warnet dengan 10 PC.

Hitung-hitungannya kira-kira begini, biaya tempat 5 juta rupiah per tahun, PC  dengan spesifikasi sedang 3 juta rupiah perbuah, dikali 10 buah. Kemudian membuat bilik-bilik kamar dan perlengkapan lain minimal 7 juta rupiah. Lalu bayar biaya internet berlangganan  ke provider. Harga yang ditawarkan provider internet biasanya dalam bentuk paket. Jika untuk warnet, Provider biasanya akan memberikan tarif flat per bulan dengan pemakaian tidak terbatas. Contoh, Telkom Speedy  provider milik pemerintah menawarkan harga Rp 750.000 ditambah pajak 10% per bulan. Untuk pendaftaran dikenakan biaya sekitar Rp. 200.000 saat pertama kali mendaftar.

Mencari tempat yang cocok adalah kunci keberhasilan usaha ini. Sewalah tempat yang dekat dengan keramaian, misalnya kampus, perempatan jalan yang ramai, atau dekat pusat perbelanjaan.

Saat ini pasaran tarif sewa internet di Jakarta Rp.6.000 per jam. Jika dalam satu hari 10 jam operasional, maka akan terkumpul Rp.60.000 per PC, kemudian di kali 10 PC dan di kali 20 hari kerja selama sebulan. Maka dalam sebulan anda akan mengantungi omset Rp. 12.000.000 per bulan, lumayan kan?

2.    Warung makan atau restoran

Di Indonesia atau barangkali dimanapun di dunia ini bisnis warung makan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati karena sepanjang hidupnya orang perlu makan. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah memilih jenis masakannya. Ada baiknya anda fokus di satu jenis masakan, misalnya masakan sunda atau masakan padang. Atau bisa saja anda membuka warung pecel lele atau sate kambing di pinggir jalan. Ingat, meski usaha ini termasuk kecil namun pembelinya cukup banyak.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha warung makan atau restoran  tergantung anda sendiri. Bila ingin membuka restoran kelas atas, tentu dibutuhkan modal besar. Tetapi bila anda hanya ingin membuka warung makan kecil-kecilan 10 juta rupiah saja sudah cukup diluar sewa tempat.

3. Counter Hanphone dan counter pengisian pulsa

Bisnis telekomunikasi saat ini sedang bergairah di Indonesia. Jumlah perusahaan operator selular saja bertambah signifikan. Apalagi dengan masuknya operator CDMA, kemudian ditambah jumlah pabrikan handset yang menjadikan Indonesia sebagai target pasar. Nah anda dapat memanfaatkan ketatnya persaingan antar operator dan antar pabrikan handset tersebut dengan membuka counter HandPhone atau counter pengisian pulsa. Pengguna ponsel di Indonesia saat ini meningkat tajam dibanding sepuluh tahun lalu.

Bila anda jeli,  anda bisa membuka tiga usaha sekaligus, servis,  jual-beli HandPhone, melayani pengisian pulsa.

4. Ritel

Pasar ritel di Indonesia juga tak kalah menarik, bahkan saat ini banyak ritel besar yang memakai sistem franchise atau waralaba. Kalau anda punya dana besar anda tinggal membeli hak franchise. Biasanya selama beberapa tahun pertama anda akan di mentor oleh perusahaan pemegang hak. Anda dan karyawan anda akan diberikan training dan pelatihan sampai usaha anda berhasil. Bila dana anda terbatas, anda bisa membuka usaha ritel sendiri. Membuka ritel diperlukan keahlian dan kesabaran yang cukup. Karena anda akan mengolah barang dagangan dengan jumlah yang banyak tetapi dengan margin yang sedikit. Anda harus pintar menghitung nilai jual suatu barang.

Bila anda berminat membeli hak Franchise, berhatilah-hatilah anda memilih. Sebaiknya pilihlah jenis ritel yang paling diminati pasarnya. Harga pasaran franchise tergantung terkenal atau tidaknya franchise tersebut. Sebagai contoh Kenctucky Fried chicken membandrol sekitar 350 juta rupiah. Sementara Burger Klenger yang asli lokal sekitar 25 juta rupiah. Itu semua harga hak franchisenya saja.

Memilih tempat usaha yang bagus sekali lagi merupakan kunci keberhasilan usaha anda, banyaklah belajar dan  memiliki sikap pantang menyerah. Itu kunci lain anda menuju kesuksesan. Siapa tahu setelah sukses di Amerika anda mendulang sukses lagi di tanah air, kan bisa bantu pemerintah mengurangi pengangguran. Iya toh?(yayat/berbagai sumber)