Aktris Karin Konoval (dok. Getty Images)

Aktris Karin Konoval telah malang-melintang di dunia perfilman Hollywood. Ia belakangan semakin dikenal melalui perannya sebagai seekor Orangutan Kalimantan jantan dalam trilogi film Planet of The Apes yang terdiri dari: Rise of the Planet of the Apes, Dawn of the Planet of the Apes, dan War for the Planet of the Apes. Untuk mempersiapkan perannya tersebut dengan saksama, Karin pun tak segan untuk bertatap muka dan berinteraksi dengan beberapa Orangutan.

 

Towan

dok. Karin Konoval

menjadi inspirasi utama bagi Karin dalam memerankan karakter Maurice. Ia secara khusus mengunjungi Towan sebelum syuting Rise of the Planet of the Apes dimulai. Pertama-tama, Karin mengamati perilakunya dari kejauhan selama beberapa jam. Si Orangutan lantas merespons dengan melompat kegirangan dan menempelkan wajahnya ke kaca jendela. Setelah mengetahui pengaruh Towan pada seni peran Karin dalam film tersebut, pihak kebun binatang pun mempertemukan keduanya untuk pengenalan pribadi pada November 2011.

Melati

dok. Karin Konoval

Seperti halnya pengunjung kebun binatang lainnya, Karin duduk untuk mengamati satwa yang ada di sana. Selain itu, ia juga melukis di hadapan Orangutan untuk melihat respons mereka. Dengan demikian, Karin telah berkomunikasi secara tidak langsung dengan satwa langka khas Indonesia tersebut melalui medium lukisan. Berdasarkan pengamatan sang aktris, Melati merespons lukisannya dengan menunjuk warna, mengangkat bahu, bahkan menggelengkan kepala. Karin mengaku cinta kasih dan perhatian Melati terhadap anaknya yang bernama Heran juga menginspirasi dirinya dalam memerankan Maurice.

Heran

dok. Karin Konoval

Heran merupakan buah hati Towan dan Melati. Menurut pengamatan Karin, Heran kerap kali membantingkan tubuhnya ke tanah ketika ia merasa senang dan bangga. Misalnya, saat si Orangutan berhasil mengisi ember dengan jerami hingga penuh. Perilaku tersebut menginspirasi konsep adegan yang menunjukkan kegirangan Maurice saat membaca novel grafis berjudul Black Hole dengan karakter manusia bernama Alexander yang diperankan oleh Kodi Smit-McPhee.

Chinta

dok. Karin Konoval

Interaksi Karin dengan setiap individu Orangutan menghasilkan respons yang beragam. Chinta, misalnya, tampak bahagia sambil bertepuk tangan ketika melihat sang aktris mulai melukis.

Chantek
Saat syuting film Dawn of the Planet of the Apes di New Orleans, Karin meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kebun Binatang Atlanta. Di sana, ia bertemu dengan Chantek, seekor Orangutan yang sangat dikenal dengan kepiawaiannya dalam berbahasa isyarat. Suatu hari, Karin pun mencoba bahasa isyarat tersebut dan bertanya kepada si Orangutan apakah ia mau melukis. Tanpa diduga, Chantek pun membalas dengan gerakan tubuh yang mengisyaratkan bahwa ia tidak memiliki alat untuk melukis.