Dokter Kecil dan Dokter Muda dari dua negara bertetangga Indonesia dan Malaysia hadiri Konferensi Kesehatan antar bangsa yang bertemakan Merajut Jalinan Silaturahmi Program Dokter Kecil dan Dokter Muda Untuk Kemajuan Bersama Bangsa Indonesia dan Malaysia.

Konferensi akan berlangsung selama 5 hari di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 15 Surabaya, Jawa Timur yang diikuti Dokter Kecil SD Muhammadiyah 15 dan 26 Dokter Muda serta 20 pendamping dari Sekolah Kebangsaan Negeri Trengganu, Malaysia dibawah koordinator Puan Hajah Mahdalina binti Haji Jamil.

“Kami memilih Sekolah ini setelah mengkaji sekolah mana yang akan kami kunjungi dan kami tahu kualitas dokter kecil di sekolah ini setelah bekerjasama dengan dokter muda dari Negeri Selanggor dan dari Kuala Lumpur,” kata Mahdalina saat ditemui Kabari, Jumat (06/03).

Mahdalina menjelaskan, kami ingin belajar untuk meningkatkan kualitas dokter muda dan kami ingin melihat bagaimana tahapan ilmu dokter muda dan dokter kecil di Indonesia, selain untuk menjalin tali silaturahmi antar dua negara bertetangga.

Sementara itu, M. Natsir selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 15 mengatakan, Agenda ini merupakan agenda tahunan dan sekarang sudah memasuki tahun ke-8 dan pihaknya sebelumnya telah menjalin kerjasama atau konferensi semacam ini dengan Selanggor dan Kuala Lumpur.

“Ini adalah program aplikatif dari ilmu yang telah diterima oleh dokter kecil dan dokter muda selama ini,” tutur Natsir.

Menurutnya, program ini merupakan bentuk kerjasama untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Disini bisa juga untuk mengetahui dan belajar bersama-sama tentang kualitas maupun karakter melalui beberapa perlombaan yang diadakan selain diskusi dan tukar pengalaman.

Natsir berharap, dari konferensi ini dapat diserap dan diterapkan dimasing-masing kedua negara. Apa yang didapat dari Indonesia mampu diserap dan terapkan di Malaysia. Begitu juga sebaliknya.

Dalam kesempatan itu, SD Muhammadiyah 15 Surabaya menandatangani nota kesepahaman dengan 8 Sekolah Kebangsaan dari Trengganu, Malaysia dibidang Kesehatan.