KabariNews, Florida, USA – Kecintaan akan Tanah Air Indonesia menjadi semangat dan tekad para Diaspora Indonesia yang tergabung dalam VIDA Florida (Voice of Indonesia in Florida), untuk memperkenalkan ragam budaya Indonesia di tanah Florida. Agenda kegiatan Vida Florida dipenuhi dengan berbagai acara, seperti  kesenian angklung, seni tari tradisional dan juga memperkenalkan makanan Indonesia dan juga pagelaran fashion show baju-baju adat Indonesia.

“Kami mulai dari langkah kecil dan perlahan kami melangkah menuju kekuatan baru Indonesia di Florida, dan kami percaya kami bisa menjadi besar di negeri Paman Florida ini”, demikian tersirat dari lubuk hati Ketua Umum VIDA, Kusumo Putri Anglingkusumo.

Sumatera Barat menjadi pilihan Vida Florida yang diangkat dalam acara bertajuk  West Sumatera: Journey of Discovery, yang diadakan akhir pekan lalu (17/9) di Orlando Fashion Square Mall, Yess Center, Suite M-25, Orlando, FL. Dengan tiket seharga $25, acara ini di khususkan untuk para pengunjung di Florida yang benar-benar tertarik dan antusias dalam mengenal salah satu bagian dari begitu banyak provinsi di Indonesia.

Vida Florida bertekad untuk mengangkat satu per satu daerah-daerah di Indonesia, agar khalayak di Florida tidak hanya mengenal negara tercinta Indonesia secara umum, tetapi mereka juga mengenal Indonesia secara lebih mendalam. Betapa kayanya ragam budaya kesenian dan segala keunikan di tiap wilayah di Indonesia. “Misi kami adalah orang tidak hanya mengenal Indonesia saja, tapi mereka juga mengetahui lebih lanjut tentang provinsi-provinsi yang ada di Indonesia dan tentunya keindahan serta keragaman yang dimiliki oleh setiap daerah”, tegas Yuni S Rucki, Ketua VIDA Arts and Culture yang juga Ketua Panitia acara ini.

Lagu-lagu Minangkabau berkumandang menyambut pada hadirin yang memadati tempat acara diiringi dengan Tari Pasambahan, Tari Indang/Badindin dan Tari Zapin Lancang Kuning. Tari-tarian adat yang ditampilkan untuk menghibur para pengunjung. Acara dilanjutkan dengan pemutaran slideshow dan video tentang berbagai keragaman kehidupan dan keindahan obyek wisata, pakaian adat pernikahan dan sebagainya. Pengenalan lebih dalam keragaman budaya Sumatera Barat semakin membuat antusias hadirin yang merupakan penduduk Florida.

Pagelaran fashion show berbagai pakaian adat Sumatera yang diperagakan oleh anggota-anggota VIDA Florida turut memeriahkan acara kali ini. Pria, wanita, tua, muda semua dengan bangga memperagakan betapa unik dan mengagumkannya pakaian-pakaian adat Indonesia.

Acara pengenalan adat istiadat dan kesenian Sumatera Barat pun tidak akan sempurna tanpa hidangan masakan-masakan khasnya. Gulai ayam, gulai telur kentang, dendeng balado, rebus buncis dan kale menjadi rentetan menu yang disajikan secara prasmanan.

Pauline salah satu pengunjung begitu terbuai dengan sajian masakan khas Padang. Tak ingin ketinggalan momen spesial ini, ia pun menghubungi suaminya untuk segera datang ke acara agar bisa ikut menikmati kelezatan makanan yang tersaji. Tak lama sang suami pun datang. Dengan lahap dia menyantap masakan yang tersedia, karena saking sukanya ia pun memesan masakan untuk dibawa pulang. Bukan hanya Pauline dan suaminya saja yang terkesan dengan masakan Indonesia, hampir semua pengunjung yang datang mengaku menyukai kelezatan masakan Indonesia yang kaya akan bumbu rempah.

Keragaman seni dan budaya, keramahtamahan, juga hidangan lezat terangkai dalam acara West Sumatera: Journey of Discovery adalah sebagian kecil dari pengalaman yang dirasakan oleh setiap pengunjung. Acara ini memberi pengalaman berharga, dimana pengunjung dapat mengenal kekayaan budaya di belahan dunia lain yang sama sekali berbeda dengan kehidupan di Florida, serta menggelitik nurani mereka untuk datang mengunjungi atau bahkan mengenal lebih jauh tentang Indonesia.

Satu lagi persembahan para Diaspora Indonesia di tanah Florida yang tergabung dalam VIDA Florida dengan rasa bangga dan tak henti-hentinya memperkenalkan sebagian dari permata-permata berharga dari negeri tercinta, Indonesia. (Laporan Diaspora Florida : Enny T L Ellison)