KabariNews – Umat Kristiani Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat menghadiri acara Malam Natal Bersama bertempat di KJRI Los Angeles, Sabtu, 5 Desember 2015. Acara peringatan natal tersebut diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Gereja-Gereja Indonesia di California Selatan (BKS-GICS) bekerjasama dengan KJRI Los Angeles. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 500 orang warga Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya. Perayaan Natal Bersama ini juga turut dihadiri oleh mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Umar Hadi menyampaikan himbauan agar seluruh masyarakat Indonesia, termasuk umat kristiani, terus memupuk rasa persatuan dan persaudaraan Indonesia.

Perayaan Natal ini berlangsung dalam suasana prihatin karena berselang hanya beberapa hari setelah terjadinya tragedi penembakan massal di San Bernardino, di mana terdapat konsentrasi masyarakat Indonesia yang cukup besar. Konsul Jenderal Umar Hadi sangat berterimakasih atas dukungan dan komunikasi yang baik dari warga Indonesia, baik secara individu maupun organisasi kemasyarakatan dan gereja-gereja, yang telah sangat membantu KJRI Los Angeles dalam menjalankan tugas pelayanan dan perlindungan dalam situasi tanggap darurat di San Bernardino.

Senada dengan hal tersebut, Ketua BKS-GICS Danny Wurangian, dalam sambutannya juga menghimbau kepada para hadirin untuk terus meningkatkan kebersamaan antar umat beragama agar memperkokoh rasa persaudaraan, meningkatkan doa dan kewaspadaan, serta saling tolong menolong dengan sesama.

Perayaan Natal Bersama oleh BKS-GICS untuk warga Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya di setiap tahun memang lazim diadakan di awal bulan Desember. Hal ini dilakukan agar seluruh umat dari seluruh gereja-gereja Indonesia yang ada di Los Angeles dan sekitarnya, yang jumlahnya mencapai 107 gereja, dapat ikut hadir sebelum mengikuti acara perayaan natal di gereja masing-masing menjelang tanggal 25 Desember.

Rangkaian acara diakhiri dengan acara kesenian yang dibawakan oleh warga Indonesia yang ada di Los Angeles dan sekitarnya. Acara Natal bersama tersebut juga turut dimeriahkan oleh bazaar yang menyajikan produk-produk Indonesia, termasuk aneka makanan dan minuman.