Anda cinta petualangan? Tidak ada salahnya mengunjungi pulau Komodo, pulau ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, tepatnya disebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Dikenal sebagai habitat asli komodo, Taman Nasional Komodo dibangun sebagai tempat konservasi bagi hewan asli Indonesia ini. Pada 1986, enam tahun setelah dibentuknya taman ini, UNESCO mengesahkan  Taman Nasional Komodo menjadi World Heritage Site.

Taman ini terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Tidak hanya komodo yang terdapat disini, taman ini juga merupakan rumah bagi setidaknya 1000 spesies ikan, ratusan spesies karang, koral dan 70 jenis tanaman sponge, ikan hiu, ikan pari, ikan paus, lumba-lumba, penyu laut dan ikan duyung juga dapat ditemukan disini.

Keadaan alami pulau komodo yang kering dan gersang menjadikannya daerah yang unik. Adanya padang savana yang luas, sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas, ternyata merupakan habitat yang disenangi oleh sejenis binatang purba komodo (veranus komodoensis). Sejauh mata memandang terlihat lapangan terbuka dengan beberapa pohon lontar yang menjulang ke langit dilatarbelakangi rangkaian pegunungan. Wisatawan mancanegara yang datang menyebut Taman Nasional Komodo adalah ‘Dunia sendiri’.

Lokasi yang wajib dikunjungi

Long Liang, pintu masuk utama untuk kegiatan pengamatan satwa liar pada hutan musim yang dibatasi oleh pantai pasir putih dan wisata budaya.

Pantai Lasa, Pantai Merah Loh Bo dan Sebita, Anda bisa menyelam dan snorkeling dengan fasilitas dive shop.

Banu Nggulung, tempat pengamatan satwa.

Cara Mencapai Lokasi

Anda harus menuju Denpasar terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan perjalanan darat dengan rute Makasar – Bima – Sape, kurang lebih memerlukan waktu selama dua hari. Dari Sape menuju lokasi Taman Nasional dapat menggunakan kapal feri, atau Anda bisa naik pesawat dari Denpasar ke Labuan Bajo dengan penerbangan seminggu 2 kali. Lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri atau speedboat dari Labuan Bajo ke lokasi Taman Nasional. Rute lain, Anda dapat mencapai daerah ini melalui Pulau Lombok atau Flores, kemudian menaiki perahu ke Pulau Komodo.

Jika ingin cepat sampai, bisa menyewa speedboat dengan tiket seharga 3 juta rupiah, pengunjung bisa menempuh perjalanan ke pulau selama 2,5 jam. Tapi kalau ingin lebih murah, bisa menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Bajo dengan biaya sewa antara Rp 600.000 – Rp 1.500.000.

Waktu maksimal  perjalanan sekitar 4,5 jam. Begitu masuk kawasan Taman Nasional, Anda perlu membayar Rp 85.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara membayar US$ 15. Harga ini berlaku selama tiga hari.

Tempat menginap

Apabila Anda bermalam di pulau eksotis ini, disediakan penginapan yang memasang tarif antara Rp 50.000 hingga Rp 65.000 permalam. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan menyelam. Anda pun dapat menginap di hotel-hotel Pulau Komodo ini dalam rangkaian liburan Anda. Tapi Anda pasti akan sangat kelelahan mengingat waktu yang cukup panjang menuju pulau si ‘naga’ ini.

Yang dapat Anda lihat atau lakukan di pulau ini :

  • Memperhatikan para komodo. Apabila Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan proses mereka makan. Para petugas di taman ini menyediakan makanan bagi para komodo, misalnya ayam.
  • Mengagumi keanekaragaman satwa juga tumbuh-tumbuhan yang ada di alam sekitar.
  • Snorkeling
  • Mengunjungi desa tradisional untuk melihat gaya hidup mereka yang berbeda dari yang Anda jalani.
  • Saat pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh antara lain : kaos, topi, dan ukiran yang bisa dibeli dipedagang cendera mata.

Tips

– Kebanyakan penduduk setempat dapat berbicara dalam bahasa Indonesia.

– Ikutilah tur yang diadakan biro jasa untuk menghemat waktu dan energi.

– Bawalah krim tabir surya dan pakaian yang nyaman, kacamata hitam juga topi atau penutup kepala sebab di pulau ini cukup panas.

– Asyik dikunjungi pada bulan Maret – Juni dan Oktober – Desember.

 (p2t/ foto : www.lablink.or.id)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31561

Mohon Memberi Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket