Memiliki ketiak yang bau memang memalukan. Saat kita banyak berkeringat di ruangan yang panas dan tertutup, terkadang kita merasa minder dan khawatir akan bau. Namun keringat bukanlah satu-satunya penyebab bau badan. Meskipun banyak berkeringat, bau tidak akan menyengat. Hal sebaliknya juga terjadi. Anda mungkin tidak berkeringat sama sekali dan masih ada bau yang keluar dari ketiak. Adanya bakteri penyebab bau pada tubuh dan pada area tubuh yang lembab dan berbulu inilah yang menyebabkan bau tidak sedap yang keluar dari ketiak.

Apakah lelah mencoba deodoran dan bedak berbahan kimia yang hanya membuat ketiak Anda iritasi. Ruchita Acharya, pakar kecantikan dan pendiri Glow & Green, beberapa cara alami menghilangkan bau ketiak

Tips menghilangkan bau ketiak secara alami

Menurut Ruchita, penyebab umum mengapa ketiak berbau adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur secara berlebihan termasuk kubis, bawang merah, brokoli, dan bawang putih.
  • Siapa yang tidak sering mandi baunya tidak sedap karena mandi secara teratur membantu menghilangkan kuman penyebab bau.
  • Tidak segera mengganti pakaian setelah berolahraga.

Beberapa tips yang disarankan Ruchita untuk menghilangkan bau ketiak:

1. Kebersihan pribadi

Mandi dua kali sehari selama musim panas dan gunakan sabun antibakteri yang baik untuk memastikan keringat berlebih dan bakteri hilang secara rutin. Mengeksfoliasi lubang kulit seminggu sekali adalah pendekatan terbaik untuk menghilangkan sel kulit mati.

 Kenakan pakaian longgar agar tubuh bisa bernapas dan tetap sejuk, sebaiknya kenakan pakaian berbahan katun dan linen. Pastikan rutin mencukur bulu ketiak. Banyak bakteri dapat berkembang biak pada kulit yang ditutupi rambut.

2. Saran pola makan

Jauhi makanan tinggi sulfur, seperti bawang putih, bawang merah, dan sayuran berdaun seperti kubis, kembang kol, dan brokoli. Senyawa belerang mempunyai bau seperti telur busuk. Ketika bakteri kulit memiliki akses terhadap belerang, mereka dapat menghasilkan senyawa belerang tambahan dan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap.

3. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang kuat. Dapat digunakan sebagai deodoran alami karena kualitas antimikroba dan aromanya yang harum. Minyak pohon teh memberi kulit yang baik dan menghilangkan bakteri dari tubuh.

Karena sifatnya yang tidak bersifat asam, maka dapat diaplikasikan pada area yang sensitif. Ambil beberapa tetes minyak pohon teh dalam air untuk mengencerkannya. Jika bau apek masih ada, oleskan dua atau tiga kali sehari. Selalu lakukan uji tempel sebelum menggunakan.

Sumber foto: idiva.com

Baca juga: