KabariNews – Siapa tak kenal kacang yang satu ini, almond. Kacang berasa gurih ini disukai banyak orang karena memang terkenal lezat. Tak hanya dijadikan cemilan, kacang almond pun bisa diolah menjadi beberapa jenis sajian,
misalnya pasta, kue, es krim, dan sebagai taburan cokelat.

Kacang yang telah mendunia ini kaya akan antioksidan. Beberapa negara di dunia juga memiliki resep spesial yang tentunya enak untuk dicoba. Yuk intip beberapa olahan almond dari negara-negara di dunia.

China

China memanfaatkan almond sebagai menu penutup. Diolah dengan campuran susu, biasanya dinikmati sebagai cemilan hangat bersama keluarga.

Yunani

Sama seperti di China, kacang almond pun diolah sebagai menu penutup. Nama menu itu adalah amygdalota, cukup unik memang karena amygdalota terkenal sebagai salah satu kue tradisional asal Yunani. Kue tersebut biasanya wajib disajikan pada acara penikahan, rasanya manis dan berwarna putih.

Iran

Kacang almond di negara ini dibuat menjadi cemilan chaqalu badom. Cara membuatnya pun mudah kacang almond direndam dalam air garam, dikeringkan dan dimakan sebagai makanan ringan. Cemilan ini banyak dijual di pinggir jalan seperti kacang rebus dan kacang goreng.

Italia

Almond digunakan sebagai bahan dasar amaretti, makanan penutup yang menjadi salah satu makanan tradisional di Italia. Rasanya cukup unik, karena pada dasarnya rasa almond agak pahit, namun itulah yang menjadikan kue tersebut diminati. Italia juga mengolah almond menjadi almond sebagai pasta di mandorle, dan juga digunakan sebagai pelengkap kue, selai dan cokelat.

Maroko

Pasta almondd menjadi bahan dasar berbagai macam menu penutup. Sedangkan almondd yang digoreng, menjadi salah satu bahan membuat tajines, sebuah minuman tradisional campuran antara almondd dan susu. Minuman ini
seringkali hadir di upacara tradisional dan pernikahan.

India

Di India, almond dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan untuk kare. Selain itu ada juga kue badam halva, panganan manis yang diolah dari almond dan di sajikan cantik dengan warna menarik. Ada juga emping yang terbuat dari kacang almond.

Pakistan

Hampir sama dengan di India, ada badam halva, sofan barfi dan almondd digunakan sebagai bahan kare. Namun di sini, almondd juga dijadikan bahan dasar aneka minuman ringan, salah satunya adalah Sherbet-e-Badaam, yang
disajikan di musim panas sebagai minuman penyejuk dahaga.