Pecinan atau Kampung CHina merupakan lokasi berkumpulnya tempat tinggal warga keturunan Tionghoa. Di Indonesia, keberadaan pecinan seperti halnya di Jakarta cukup mudah ditemui, terutama di daerah Glodok, Taman Sari, Kota ,

dan sebagainya.

Selain di Jakarta, keberadaan pecinan juga bisa ditemui di daerah, misalnya Tangerang, Bangka Belitung, Kalimantan, Medan, Semarang, pokoknya hampir di setiap kota di Indonesia ada pecinan.

Tapi, pernahkan Anda mengunjungi pecinan di mana seluruh nuansanya seakan membawa Anda benar-benar ke Negeri Tirai Bambu?

Di Kota Wisata Cibubur, Jakarta, terdapat lokasi yang disebut Kampoeng China. Yakni perkampungan yang suasana dan bentuk bangunannya seakan membawa Anda seakan pergi langsung ke negeri China.

Bentuk bangunan yang artistik, serta warna merah yang mendominasi perkampungan tersebut membuat para pengunjungnya seakan benar-benar sedang berada di China. Memasuki Kampoeng China, pengunjung akan melewati gerbang besar seperti bangunan benteng dengan aksara China yang berarti “Gerbang Kemakmuran”.  Ada juga ukiran patung naga di atas gerbang, serta patung prajurit kerajaan yang berdiri tegap seakan menjaga perkampungan.

Selain itu, Kampoeng China ini juga dikelilingi tembok tinggi dengan menara pengawas di atasnya, hal ini seakan merefleksikan bangunan megah tembok
raksasa China.

Patung-patung para prajurit kerajaan pun diletakan mengelilingi tembok, serta di setiap pintu keluar-masuk Kampoeng China.

Begitu memasuki Kampoeng China, pengunjung langsung disuguhkan dengan ratusan toko souvenir yang menjual berbagai suvenir negeri China. Ada baju, lampion, kebutuhan upacara adat, dan pernak-pernik lainnya.

Bentuk bangunan toko di Kampoeng China sedikit unik, yakni kaya dengan ornamen layaknya bangunan ala China, hal ini juga menjadi daya tarik para pengunjung untuk berlama-lama menikmati suasana Kampoeng China sambil berbelanja.

Lonjakan pengunjung di hari libur seperti hari raya Imlek membuat suasana di Kampoeng China semakin kental. Apalagi selalu ada suguhan atraksi barongsai dan liong, suasana pun semakin meriah.

Sejak didirikan tahun 2002 silam, pengunjung yang datang ke Kampoeng China bukan hanya wisatawan domestik saja, wisatawan mancanegara khususnya dari negeri China pun sering kali datang ke lokasi ini.

Jadi tidak ada salahnya, bila Kampoeng China di Kawasan Kota Wisata Cibubur menjadi salah satu daftar lokasi wisata yang patut Anda kunjungi menjelang Hari Raya Imlek 2010.

Gong Xi Fa Cai…

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?34474

Untuk melihat Berita Indonesia / Jalan-Jalan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawa

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :