KabariNews – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-68 yang diselenggarakan di kota Surabaya pada 8 Desember 2016 dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. Acara ini merupakan bentuk sinergitas dari Kementerian Hukum dan HAM dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menjadi tuan rumah penyelengaaraan acara tingkat nasional ini.

Dengan mengusung tema Harmoni dalam Hak Asasi Manusia, Kesetaraan Dalam Pemajuan Hak Asasi Manusia, kegiatan ini menjadi salah satu kanal untuk menginformasikan peningkatan jumlah kabupaten dan kota dalam pencapaian implementasi hak asasi manusia sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden 75/2015 tentang Rencana Nasional Hak Asasi Manusia periode 2015-2019 dan Permenkumham 25/2013 tentang Penilaian Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Kementerian Hukum dan HAM sebagai perangkat pemerintah yang bertugas dalam memantapkan dan memastikan terlaksananya penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan, dan pemanjukan hak asasi manusia (P5 HAM) di negara tercinta ini, mengajak seluruh lapisan pemerintah untuk dapat menjaga keseimbangan dan keselarasan dalam mewujudkan hak asasi manusia dan menjamin kesetaraan dalam upaya pemajuan hak asasi manusia.

Menkumham juga berpesan agar pemerintah dapat menjamin hak-hak politik, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. “Pemerintah pun harus dapat memberikan layanan pendidikan, layanan kesehatan, dan memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan,” ujar Yasonna. (Dessy/foto :ist)