Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony J. Blinken mengirimkan ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 (HUT ke-78 RI).

Dalam pernyataan pers yang dikutip dari keterangan tertulis Kedutaan Besar AS, Sabtu (19/8/2023), Blinken mengatakan, “Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Amerika Serikat dan Indonesia menikmati kemitraan strategis yang kuat yang ditegaskan oleh komitmen bersama terhadap demokrasi dan hubungan erat antara rakyat kedua negara.

“Saya memuji upaya Indonesia dalam mendorong pertumbuhan dan membangun masa depan yang tangguh melalui kepemimpinan ASEAN tahun ini. Saya senang dapat berpartisipasi dalam U.S.-ASEAN Post-Ministerial Conference, East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting, dan ASEAN Regional Forum, serta pertemuan U.S.-Indonesia Strategic Dialogue, di Jakarta pada Juli yang lalu,” kata Blinken.

Amerika Serikat menantikan berbagai kolaborasi di tahun-tahun mendatang seraya bersama-sama menuju Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, stabil, dan makmur.

“Kami mengirimkan harapan terbaik kepada rakyat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang meriah ini. Kami mengirimkan harapan terbaik untuk rakyat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang meriah ini,” pungkas Menlu Blinken.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas hari ulang tahun (HUT) ke-78 Indonesia.

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78,” kata Biden dalam pernyataan persnya.

Sumber foto:usembassy.gov

Baca juga: