Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men-PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur yang dianggap telah berhasil memperdayakan kaum perempuan dalam bidang wirausaha.

Apresiasi tersebut disampaikan menteri saat meninjau pelatihan wirausaha dan berdialog langsung dengan para peserta pelatihan yang notabenenya merupakan pelaku usaha perempuan Surabaya di Kaza Mall Surabaya, Minggu (08/12).

“Dengan adanya Program Pahlawan Ekonomi di kota Surabaya yang telah didampingi dari hulu sampai ke hilir, kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada bu Risma dan ibu-ibu pahlawan ekonomi”, tutur Menteri.

Menteri yang akrab disapa Bintang ini juga memuji konsep pemasaran yang diterapkan dalam program Pahlawan Ekonomi.

“Luar biasa, disini juga dibekali pelatihan wirausaha dan pelatihan pemasaran di daring. Jadi melek digital saat ini sangat penting dan ini menjadi paket lengkap pahlawan ekonomi” katanya.

Menurutnya, disisi lain bisa menjalankan tugas utamanya sebagai pendamping suami dan mendidik anak, juga berperan membantu ekonomi keluarga.

Kita ketahui kata menteri, saat ini masih ada paradigma bahwa perempuan punya banyak peran baik di domestik maupun publik. Padahal disisi lain yang tidak bisa ditinggalkan adalah anak-anak yang masih kecil.

“Disini juga sudah dibekali pelatihan di rumah dan kualitasnya produk serta kemasannya sangat terjaga sehingga bisa bicara di pasar ”, ucap menteri.

Apa lagi ucap menteri kembali, pemasarannya sudah masuk ke maskapai, itu sangat luar biasa. Program ini bisa menjadi role model bagi Kementerian PPPA untuk diterapkan di daerah lain.