Berbicara mengenai bordir, pastinya tidak luput dari kota yang satu ini, yakni kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang terkenal dengan hasil kerajinan bordirannya. Selain terkenal di dalam negeri, kerajinan bordir Tasikmalaya juga dikabarkan telah merambah hingga ke mancanegara.

Kerajinan bordir Tasikmalaya merupakan salah satu produk yang paling dicari masyarakat, khususnya para wisatawan. Mulai dari bordiran untuk pakaian kebaya, perlengkapan sholat seperti mukena dan baju koko, seprei, selimut dan lainnya dapat ditemui di kota ini.

Sentra pengrajin bordir di wilayah ini berada di daerah Kawalu. Di daerah ini hampir seluruh warganya berprofesi pengrajin bordir. Maka tidak heran bila para konsumen banyak yang memilih datang langsung ke Tasikmalaya mencari produk-produk bordiran. Selain untuk mendapatkan harga yang murah, konsumen juga dapat memesan langsung motif bordiran yang diinginkannya.

Karena merupakan salah satu kota dengan berbagai macam hasil produk kerajinan maka Tasikmalaya juga mendapat julukan sebagai kota dagang. Dari kota ini banyak dihasilkan berbagai bentuk kerajinan, mulai dari kerajinan anyaman rotan, bambu, payung, tikar hingga sendal kelom geulis.

Pesona wisata alam dan wisata budaya di Tasikmalaya juga cukup menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah Gunung Galunggung, kawasan Ziarah Pamijahan, Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari, Pantai Sindangkerta, Goa Antek, Goa Daha, Batu Pancangkeupan, dan Curug Dengdeng atau Air Terjun Dengdeng.

Kampung Naga

Salah satu lokasi wisata budaya yang paling terkenal dari Tasikmalaya adalah Kampung Naga. Yakni sebuah perkampungan yang berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, dengan diapit bukit serta gunung, sehingga lokasinya berada di lembah.

Keunikan dari Kampung Naga adalah tatanan hidup penduduknya yang masih memegang teguh tradisi para leluhur mereka. Bentuk rumah serta bangunan dan peralatan rumah tangga yang digunakan di perkampungan ini juga masih sangat tradisional, bahkan masyarakat Kampung Naga menolak wilayahnya dimasuki aliran listrik, karena takut terjadi kebakaran.

Bagi Anda yang senang akan barang-barang kerajinan, maka tidak ada salahnya bila Anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Desa Rajapolah.

Di sini Anda akan menemui pusat dari berbagai barang kerajinan yang terbuat dari rotan, bambu, anyaman dan lainnya.

Sedangkan bagi Anda pecinta kuliner, beberapa makanan khas dari Tasikmalaya yang patut Anda coba diantaranya adalah Kupat Tahu, Pais Lauk, dan T.O atau Tutug Oncom.

Tutug Oncom merupakan campuran nasi putih hangat yang diaduk dengan oncom bakar, serta disajikan dengan sedikit taburan bawang goreng, irisan telur dadar, sambal terasi, lalapan, serta ikan asin goreng. hmm…nyam..nyam.

Soo… tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga menjadikan Tasikmalaya menjadi salah satu daftar lokasi wisata yang patut dikunjungi untuk mengisi liburan saat ke Indonesia. (arip)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?34347

Untuk melihat Berita Indonesia / Jalan-Jalan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawa

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :