KabariNews – Perawatan tubuh setelah melakukan aktifitas bekerja sudah umum dilakukan, mulai dari pijat, relaksasi, lulur dan sebagainya dilakukan guna mengembalikan stamina badan kita.

Namun tanpa kita sadari, banyak angggota tubuh lainnya yang juga penting untuk dirawat kesehatannya, seperti mata.

Debu jalanan, radiasi monitor komputer dan kurang istirahat, semuanya ini dapat mengganggu kesehatan mata kita. Mulai dari gangguan mata merah, turunnya daya penglihatan, katarak, glukoma, infeksi bahkan sampai kebutaan dapat terjadi bila kita tidak menjaga dengan baik mata kita.

Kondisi tubuh yang stres juga dapat terlihat melalui mata kita, sehingga mempengaruhi kinerja kita sehari-hari.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mata kita:

1. Konsumsi sayuran, buah dan nutrisi mata

Makanlah sayuran atau buah yang baik untuk mata serta minum nutrisi untuk mata Anda. Seperti wortel, wortel sejak lama dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang baik untuk mata.

2. Olah raga mata

Mata kita harus sering di beri objek pandangan lain bila kita sering kali terfokus pada suatu objek saat melakukan aktifitas sehari-hari, seperti bekerja terlalu lama di depan layar komputer. Hal ini tanpa disadari dapat membuat mata merah, iritasi, gatal, sampai terganggunya day pandang. Maka dari itu lakukanlah secara rutin olah raga mata, seperti mengedipkan mata, menatap ke bawah dan keatas atau ke kanan dan kiri serta melakukan pijatan di sekeliling mata.

3. Cari objek pandangan yang berbeda.

Bagi Anda yang sering kali bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam, tanpa disadari mata kita sudah mengalami kejang otot karena harus terus menatap layar komputer dengan waktu yang cukup lama, dan ini sering kali membuat mata menjadi kering, merah bahkan sampai iritasi karena radiasi layar komputer maka disarankan agar sesekali Anda mencari objek pandang yang berbeda.

4. Rawat lensa kontak secara teratur

Bagi pengguna lensa kontak, Anda harus rutin merawat lensa kontak Anda, seperti membersihkan dengan cairan yang benar. Gunakan lensa kontak Anda sesuai dengan petunjuk yang disarankan ahlinya.

5. Istirahatkan mata Anda

Istirahat yang cukup dapat mengembalikan kondisi kesegaran mata.

“Mata adalah jendela dunia,” pepatah ini mungkin sangat berarti bila kita mulai mengalami gangguan pada mata kita, maka untuk menjaga agar kita dapat melihat dunia, rawatlah mata Anda.