DSC_0113KabariNews – Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia,  untuk kelima kalinya perhelatan musik bercampur akar budaya melayu, Jakarta Melayu Festival (JMF) digelar di Pantai Pasir Putih Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/8)

Bertajuk Daulat Negeri, JMF merupakan acara musik melayu tahunan yang digelar setiap bulan Agustus. Berbeda dari kegiatan sebelumnya,  kali ini JMF berlangsung di pinggir pantai Ancol.  Ketua panitia Geisz Chalifah, mengatakan Melayu identik dengan masyarakat pesisir, tempat di tepi pantai adalah tempat yang sesuai dengan budaya melayu.

JMF ini memiliki semangat untuk lebih menumbuhkan  budaya melayu di tanah air yang sudah tergerus oleh zaman. “Melayu adalah identitas kita, Melayu adalah bagian dari hidup kita, Melayu keseharian kita yang selama ini tidak menjadi fokus utama, dan hanya menjadi catatan sejarah, sementara Melayu bukan hanya musik, Melayu  adalah budaya dan etika”  ujar Geisz di sela-sela acara.

DSC_0079Sejumlah tokoh  hadir dalam  gelaran musik melayu tersebut , seperti mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, mantan Ketua KPK Taufiqurachman Ruki, anggota DPR Kurtubi dan Irgan Chairil Mahfuz, serta Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Adapun musisi yang ikut tampil mendendangkan syair lagu melayu pada Jakarta JMF  ini, di antaranya Grup Band Amigos, Niken Astari, Darmansyar dan Iyeth Bustami.