panji-5KabariNews – Melucu sendiri di depan orang banyak bukan perkara mudah. Tapi hal ini bukan hal sulit bagi Pandji. Sukses menjadi komika di Stand Up Comedy Tanah Air, dengan mulus ia melesat, mengepakkan sayapnya hingga ke panggung internasional. Ia memenuhi obsesinya untuk menghibur warga Indonesia di luar negeri.

Untuk pertama kalinya komedian Indonesia Pandji Pragiwaksono, nama lengkapnya, menggelar pertunjukan tunggal berskala internasional yang mengangkat tema Mesakke Bangsaku, di kota-kota besar di 7 negara dan 4 benua.

Warga Indonesia yang tersebar di luar negeri pun terhibur oleh humornya yang segar. Dari Singapura, lalu beringsut ke Australia dengan mentas di Melbourne, Adelaide, Brisbane, kemudian terbang ke Eropa singgah di London, Berlin, Amsterdam, untuk berpindah lagi ke Guang Zhou dan Beijing di China. Kini tampil di Negeri Paman Sam di Los Angeles dan San Francisco.

Show Tour keliling dunia sejatinya sudah lama dimimpikan Pandji Pragiwaksono. Ia ingin memperkenalkan Indonesia melalui stand up comedy. Serius mewujudkan obsesinya itu maka tergelarlah pertunjukan yang bertajuk Mesakke Bangsaku World Tour 2014. Apa yang ingin disampaikan pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979 ini?

“Saya ingin menumpahkan kegelisahan, pengalaman dan unek-unek yang ada di diri saya tentang Indonesia di panggung internasional,” kata Pandji pada KABARI suatu siang jelang keberangkatan ke pertunjukan di Amerika.

ISU PERSATUAN BANGSA

panjiMesakke Bangsaku bukan sembarang komedi lucu-lucuan, tetapi diambil dari Bahasa Jawa yang berarti ‘Kasian Bangsaku.’ Dengan gaya yang santai dan jenaka, Pandji mengangkat isu-isu seputar persatuan bangsa dan permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini serta mengajak generasi muda untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi persatuan dan perkembangan negara.

Pada Kabari, Pandji memaparkan, aksinya ini tidak untuk mengangkat kejelekan Indonesia, tapi lebih dari itu. Ada hal-hal yang buruk dan masih terjadi di Indonesia yang harus diperbaiki. Suami dari Gamila Arief ini mengajak masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, baik dari kalangan pelajar maupun profesional, agar kembali peduli dengan situasi dan kondisi bangsa saat ini dengan cara yang jenaka.

panji-1Pandji mencoba membuka pikiran penonton tentang hal-hal yang harus kita ‘kasihani’ dari Indonesia. Mulai dari permasalahan pendidikan, masalah-masalah di Indonesia tentang kaum minoritas yang bisa menguasai perekonomian Indonesia, hukum dan dagelan politik Indonesia. Namun, di akhir pertujukkan dibahas bagaimana membenahi Indonesia. Dibalik ‘Mesakke Bangsaku’, Pandji optimis tentang keadaan Indonesia yang bisa dibawa ke arah yang lebih baik lagi.

“Melalui komedi, saya bisa mengangkat hal-hal serius dan membalutnya menjadi menarik. Kalau hanya berorasi atau pidato, pastinya akan bosan. Karena itu saya kemas jadi komedi, sehingga mereka mau datang dan bayar untuk belajar banyak tentang Indonesia” kata Pandji.

Pandji berharap, Mesakke Bangsaku ini tidak hanya dapat memberikan inspirasi dan nilai tersendiri bagi masyarakat Indonesia di seluruh dunia, tetapi juga membantu mempromosikan Indonesia di mancanegara. Target minimal adalah orang yang membawa kabar tentang Indonesia, ditonton oleh orang-orang Indonesia yang sukses di luar negeri dan akhirnya ada rasa ingin kembali dan ikut membangun tanah air.

Konsep berkarya seorang Pandji

panji-2Pandji memulai karier sebagai penyiar radio, dan mulai dikenal saat memandu acara reality show dan penyanyi rap. Publik kini mengenalnya sebagai artis muda yang memiliki nasionalisme dan kesadaran kebangsaan yang tinggi.

Lulusan Desain, Seni Rupa dan Desain ITB ini banyak menghasilkan karya, baik berupa buku maupun lagu yang mengandung pesan nasionalisme. Sebut saja bukunya yang berjudul Nasional.Is.Me yang banyak menginspirasi pemuda Indonesia.

Apa alasan Pandji mengedepankan nasionalisme?
Secara sederhana, Pandji menggambarkan karya-karyanya adalah kejujuran. Jujur bicara tentang Indonesia yang diyakininya sangat dekat dengan hatinya.

“Saya percaya Indonesia bisa dibangkitkan karya demi karya. Dan kalau saya berbagi banyak informasi terhadap banyak orang Indonesia, mereka akan menambah banyak wawasan dan In shaa Allah itu akan membuat keputusan yang lebih baik lagi dan secara kolektif semoga berdampak pada Indonesia” paparnya.

panji-3Terlahir dengan multitalenta dan menggeluti segudang profesi, Pandji hanya ingin disebut sebagai orang berkarya. Bahkan pada di akhir hidupnya, ia ingin dikenal bukan sebagai penyiar radio, penulis buku, penyanyi rap atau pun komika.

“Saya ingin dikenal orang sebagai orang yang berkarya. Bahkan kalau boleh di nisan nanti, saya mau ditulis Pandji Pragiwaksono seorang yang berkarya” imbuhnya.

Sukses menggelar ‘Mesakke Banggsaku’ keliling dunia bukanlah satu-satunya pencapaian Pandji. Lebih dari itu, ia ingin masyarakat dunia mengenal karya-karyanya. Salah satunya adalah memiliki fanbase internasional.

“Ujungnya banget, saya ingin menjadi stand up comedian yang punya fanbase secara internasional. Artinya orang yang suka karya saya bukan hanya orang Indonesia , tapi masyarakat dunia. Untuk mencapai itu saya tahu prosesnya panjang. Saya ingin terus berkarya lebih baik, lagi dan lagi” tutup Pandji dengan penuh optimisme dan semangat yang berkobar.(1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75232

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1