Debat terakhir calon Presiden AS yang berlangsung di Hofstra University, Hempstead, New York, Rabu (15/10) pukul 21.00 waktu
setempat atau Kamis (16/10) 08.00 WIB berlangsung seru.

Debat tersebut dipandu oleh Bob Schieffer dari CBS News.  Debat terakhir ini dipercaya disaksikan oleh jutaan pemirsa di dunia. Di tanah air, Kedutaan Besar AS di Jakarta mengundang para wartawan untuk menyaksikan secara live debat tersebut dengan big screen melalui sebuah TV kabel.

Barrack Obama, capres dari partai Demokrat,  tampil dengan jas hitam dan berdasi merah bergaris, tampak tenang menangkis serangan-serangan McCain. Sementara McCain, capres dari Partai Republik,  seperti melunasi janjinya dengan tampil ‘menyerang’. Termasuk ketika McCain menyinggung dan menduga adanya keterlibatan Profesor William Ayers dalam kampanye Obama.
Sambil mendengarkan, Obama terlihat tersenyum sembari sedikit menggelengkan sedikit kepala. Ia membantah keterlibatan Ayers dalam kegiatan kampanyenya meski ia juga tak menampik mengenal Ayers.

Tidak seperti dua debat sebelumnya, debat kali ini kedua kandidat duduk hampir berhadapan di sebuah meja dimana Bob Schieffer berada di depan tengah membelakangi panggung.

Saat moderator menyinggung soal calon presiden dari kedua kandidat dan membahas pajak bagi orang-orang kaya, McCain bahkan sempat ‘meledek’ dengan mengucapkan salam kepada pasangan Obama, Joe Biden sebagai orang kaya.

Namun rupanya Obama juga sempat membuat McCain gusar saat Obama mengatakan kesamaan McCain dengan Bush. McCain pun mengatakan, “Saya bukan Presiden Bush, jika ingin menghadapi Presiden Bush, seharusnya Anda meaju empat tahun lalu. Saya di sini  untuk membawa arah baru bagi ekonomi Amerika.” ujarnya.

Debat tersebut memang  berfokus pada isu-isu ekonomi dan krisis keuangan, termasuk mengangkat juga soal energi. Dalam isu ini, Obama mengatakan mendukung langkah-langkah pencairan sumber-sumber energi alternatif, sementara McCain mendukung penuh penggalian sumur lepas pantai dan memaksimalkan sumber daya nuklir.

Berdasarkan survei yang dibuat oleh stasiun televisi CNN, 58 persen orang yang menonton debat tersebut, menganggap Obama adalah pemenang debat. Polling yang dilakukan Kabarinews.com sendiri masih menempatkan Obama diatas Mc Cain dengan persentase suara 38 persen unutk McCain dan 62 Persen untuk Obama.

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32107

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket