KabariNews – Tahukah Anda bila bumbu dapur dapat dimanfaatkan sebagai obat pertolongan pertama? Jadi, jika Anda tak punya kotak P3K di rumah, jangan khawatir, Anda punya “kotak P3K” sendiri di dalam dapur Anda. Apa saja yang bisa dimanfaatkan?

Lada hitam

lada hitamRempah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K yang baik, bahkan kandungan lainnya seperti mineral, kalium dan zat besi sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, lada hitam juga dapat dimanfaatkan sebagai anti bakteri dan anti radang yang dapat meningkatkan nutrisi dalam tubuh. Bagi Anda yang punya masalah pada pencernaan, bisa diobati dengan rempah ini. Tambahkan sedikit lada hitam pada masakan Anda dan rasakan kehangatannya.

Kayu manis

kayu manisAroma dari rempah ini sudah pasti menenangkan, karena itu jangan heran jika kayu manis biasa digunakan untuk meredakan stres sebagai aromaterapi. Kayu manis juga dipercaya menyembuhkan perut kembung. Bagi Anda yang sedang berdiet, tidak ada salahnya memasukan rempah beraroma khas ini pada minuman Anda. Bubuhkan sedikit bubuk kayu manis pada segelas air hangat yang sudah diberi satu sendok madu. Kayu manis mampu mengurangi penyerapan gula oleh tubuh serta menghambat perubahan gula menjadi lemak.

Kunyit

kunyitBanyak orang sudah tahu khasiat dari kunyit, karena sejak zaman nenek moyang, rempah berwarna oranye ini sudah dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Kunyit tak hanya baik untuk memperkuat imun tubuh, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk dan influenza. Antioksidan, antibakteri dan anti radang yang terdapat di dalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas. Itulah alasannya kenapa kunyit dimasukan dalam bahan jamu, karena selain menyehatkan, kunyit juga berkhasiat sebagai obat awet muda.

Jahe

jaheAromanya yang segar dan hangat biasa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit kepala, mual, muntah dan juga mengatasi nyeri haid. Tak hanya itu saja, jahe juga dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit batuk, flu, sakit tenggorokan dan meredakan hidung mampet. Buatlah satu gelas wedang jahe, caranya siap satu rimpang jahe, gula merah, dan air. Masak air sampai mendidih, masukan jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya, lalu tambahkan gula merah, aduk rata. Minum air jahe untuk melegakan pernapasan dan mengatasi masalah batuk dan influenza.

Jintan

jintanJintan juga punya peranan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan, diantaranya mampu meringanan anemia, sembelit dan flu. Teh jintan dapat dimanfaatkan untuk obat pencahar alami, bahkan berkhasiat membantu penyerapan kalsium dan membantu mengontrol tekanan darah.

Obat alami untuk menyembuhkan batuk :

Jahe, asam Jawa, gula merah, jeruk nipis, kecap, tentunya semua bahan tersebut pasti ada di dapur Anda. Sebelum memutuskan untuk meminum obat, coba manfaatkan bahan alami berikut untuk mereda batuk :

  • Gula Jawa dan gula merah : Campurkan 10 gram asam Jawa dan gula merah dengan segelas air panas kemudian diminum selagi hangat. Minuman ini mampu meringankan batuk dan meredakan pernapasan.
  • Kecap dan Jeruk nipis : Siapkan satu sendok kecap dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Resep ini mampu meredakan batuk berdahak.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77152

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1